Kapolres OKU akan libatkan seluruh personel dalam operasi lilin

BATURAJA  |  KSOL — Kapolres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, AKBP NK Widayana Sulandari menegaskan seluruh personel Polres dilibatkan dalam operasi lilin untuk meningkatkan pengamanan menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

“Apel pasukan operasi lilin 2017 akan kami gelar Jumat ini berasama instansi terkait,” kata Kapolres di Baturaja, Kamis.

Dalam Operasi Lilin 2017 pihaknya melibatkan seluruh personel untuk pengamanan menjelang dan hingga saat perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah itu.

“Seluruh pasukan kami terlibat dalam pengamanan. Namun yang menerima surat tugas langsung untuk pengamanan Natal hanya sepertiga dari jumlah keseluruhan anggota Polres OKU. Sedangkan sisanya ditugaskan di pos keamanan yang dibentuk sebelumnya,” kata dia.

Kegiatan operasi lilin tersebut juga melibatkan instansi lainnya seperti anggota TNI Kodim 0403 OKU, Subdenpom 4-4/II, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pramuka dan Dinas Kesehata.

“Pengamanan ini merupakan instruksi dari Mabes Polri untuk dilaksanakan seluruh jajaran kepolisian di setiap daerah agar selalu berkoordinasi pada saat operasi lilin guna menjaga keamanan di wilayah masing masing,” ungkapnya.

Pihaknya juga akan meningkatkan pengamanan gereja yang ada di wilayah itu dengan melakukan pemeriksaan setiap pengunjung dan seluruh sudut ruangan tempat ibadah tersebut guna mengantisipasi ancaman terorisme.

“Untuk pengamanan di gereja sudah dilakukan sejak jauh hari. Menjelang misa Natal nanti pengamanannya akan diperketat sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Selain pengamanan, lanjut dia, operasi lilin juga akan memantau harga sembako di sejumlah pasar tradisional dan pusat perbelanjaan lainnya di wilayah itu agar tetap stabil.

“Termasuk juga memantau ketersediaan BBM, antisipasi kecelakaan lalulintas dan tindak kejahatan di jalanan serta kesiapan pos pantau tidak luput dari pengawasan kami,” katanya.

TEKS/FOTO : ANTARANEWS.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *