Ketua DPD IMM Sumsel : Film M20H wujud Dakwah Kontekstual

Jumadi – Ketua DPD IMM Sumsel

PALEMBANG  | KSOL – Dakwah di era digital tidak lagi harus identik dengan mimbar, seperti ceramah, kultum dan sejenisnya. Masuk dan perkembangan kesadaran masyarakat terhadap teknologi diperlukan sikap responsive, sehingga dakwah akan lebih konteks tual, atau sesuai dengan era kekinian.

Hal itu dikatakan Jumadi, Ketua DPD Ikatan Mahasiswa Sumsel (IMM) Sumsel ketika dibincangi usai lounching film “Meniti 20 Hari” (M20H), Kamis, (1/11/2017) malam.

Menurutnya, pemutaran film M20H yang menhedot ribuan penonton di Palembang ini, merupakan wujud dakwah kontekstual, yang sesuai dengan perkembangan pemikiran dan selera generasi di zaman now (sekarang).

“Dakwah tidak bisa lagi sebatas diatas mimbar, tetapi dengan memutar film yang bernuansa agamis ini, menjadi wujud bagaimana dakwah di era modern juga sesuai dengan perkembanganpola pikir dan selera masyarakat,” ujarnya.

Menanggapi sikap penonton film M20H, Jumadi menilai, berdasar pada jumlah penonton, membuktikan kader Muhammadiyah memiliki potensi untuk menentukan kemajuan iklim berkesenian di internal dan luar Muhammadiyah khususya di Sumsel.

Potensi ini menurut Jumadi sekaligus dapat mendorong gerakan dakwah melalui kraeasi seni dan budaya sehingga dakwah yang dilakukan oleh kader Muhammadiyah tidak selalu diatas mimbar, tetapi juga dakwah kultural. “Salah satunya melalui pemutaran film yang kita lakukan saat ini,” tegasnya.

Dalam ceremoni pembukaan, Era Sugiarso, project manajer Mixpro Yogyakarta yang mendesain teknis pemutaran film M20H di Palembang menilai, penonton di Palembang cukup antusias. “Saya melihat  penonton senang menonton film ini, saya sudah senang. Artinya mereka cukup terhibur dan menikmati, Dan saya lihat mahasiswa Palembang cukup apresiatif dengan pemutaran film ini. Ini hanya awal dan ke depan kita akan lebih memaksimalkan produksi dengan film lainnya,” ujarnya, Kamis, (7/11/2017).

kandidat doktor Ani Ariyati.S.Ag, M.Pd, Dosen UMP

Menilai pemutaran film ini, kandidat doktor Ani Ariyati.S.Ag, M.Pd, sangat apresiatif terhadap kierja DPD IMM Sumsel. “Sukses ya filmya,” ujarnya kepada salah satu senior IMM Sumsel, sembari keluar dari gedung Auditorium UMP, Kamis, (7/11/2017).

Menurut  kandidat doktor ini, film produksi Lembaga Seni Budaya dan Olah Raga (LSBO) PP Muhammadiyah ini menjadi pijakan sejarah bagi proses kreatifitas kader Muhammadiyah terutama kader di Sumsel. “Ini memang karya LSBO Pusat, tapi konten dan para pemainnya asli Sumsel yang juga kader Muhammadiyah. Sekali lagi selamat, ya!” ujarnya.

Koordinator pemutaran film M20H, Robiyatul Maulana mengatakan agak ragu dengan kesiapan waktu yang singkat untuk memobilisasi penonton. Namun semua diluar dugaan. Minat mahasiswa menonton film ini cukup membuat lega  Robi dan aktifis IMM Sumsel lainnya.

“Awalnya sempat pesimis. Khawatir jumlah penonton tak sampai target. Tapi alhamdulilah terpenuhi. Ini louncing film di Palembang untuk kali pertama. Setelah ini kami akan melakukan pemutaran kedua tanggal 14 Desember 2017 di Graha Budaya Jaka Baring,” ujarnya.

Robiyatul Maulana, Koordinator teknis pemutaran film M20H

Film besutan Sutradara asal Yogyakarta, Ari Musbarianto ini digelar di Palembang atas kerjasama DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sumsel dan Komunitas Film Palembang (KOFIBANG) yang diputar dengan 3 sesi masa putar ; sejak pukul. 10.00 – 18.00 WIB.

Acara diawali dengan sejumlah agenda resmi, diantaranya sambutan dari Pimpinan Wilayah Aisyiah (PWA), Darmi, MM, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumsel, diwakili Abu Hanifah, pegurus PWM Sumsel, dilanjutkan mengenalkan para talent yang menjadi pendukung dan pemain dalam film ini.

Pada sessi awal, hadir dalam acara ini, sejumlah pimpinan dan pengurus lembaga dan ortom yang bernaung di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah Sumsel. Film ini akan kembali diputar pada Kamis, 14 Desember 2017 di Graha Jaka Baring Palembang.

Bagi warga Palembang  yang akan menonton di Graha Jaka Baring Palembang bisa menghubungi saudara Robi (081322442794) dan imron (081271274232) dan Sonov (085267904024), Janero (087864823125), Darwin (081271887766).

TEKS : T PAMUNGKAS I EDITOR :  Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *