Cegah Narkoba, Kades Perjito ajak BNNK ke desa

Kepala Desa (Kades) Perjito Ropuddin dan isteri

MUARA ENIM | KSOL‎ – Guna mengantisipasi penyalahgunaan narkoba, Pemerintahan Desa Perjito Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muarenim mengundang Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK).

Mohamad Ropuddin, Kepala Desa (Kades) Perjito Ropuddin mengatakan, hal ini dilakukan untuk menghindari dan mencegah perangkat desa agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Perjito berharap, di masa mendatang aparat desanya tidak terlibat dalam kasus narkoba.

“Tes urine ini kita lakukan dalam rangka upaya pencegahan agar semua perangkat Desa Perjito dapat dipastikan bebas dari narkoba dan tidak ada yang terlibat dengan namanya barang haram tersebut,” ujar Muhammad Ropuddin,  di sela acara tes urine dan sosialisasi pelestariaan lingkungan hidup dan bahayanya penyalahgunaan narkoba, baru-baru ini.

Lebih lanjut Perjito mengatakan, jika terdapat ada perangkat desanya yang terlibat narkoba maka pihaknya akan memberikan sangsi tegas berupa pemecatan terhadap perangkat desa tersebut dan akan diproses melalui jalur hukum.

“Alhamdulillah pada tes hari ini diikuti oleh 15 orang perangkat desa yang terdiri dari Sekdes, Kaur,  Kadus, Linmas,  dan BPD semuanya dinyatakan negatif mengkonsumsi Narkoba. Namun jika ada perangkat desa yang terbukti menggunakan ataupun terlibat narkoba kita akan berikan sangsi tegas berupa pemecatan dan akan diserahkan ke pihak berwajib untuk dilakukan proses hukum selanjutnya,” tegas Mohamad Ropuddin.

Sementara itu, Kepala BNNK Muara Enim Ika Wahyu Hidaryati mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Perjito. Menurut Ika, hal ini hal positif yang dilakukan pemerintah desa dalam mencegah peredaran dan penggunaan narkoba di pedesaan khususnya.

Foto bersama BNNK dan Jajaran Pemerintahan Desa Perjito

“Kita sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemerintah Perjito untuk mencegah penggunaan narkoba di tingkat pedesaan, apa lagi sampai saat ini narkoba tidak hanya menyerang masyarakat perkotaan saja namun sudah mulai menjamur ke pedesaan,” ucapnya.

Selanjutnya kepala BNNK Muara Enim ini berharap kegiatan seperti ini dapat terlaksana di setiap desa dan diikuti oleh pemerintah desa lainnya di Muara Enim.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *