Cawagub Sumsel Mawardi : Masih ada ketimpangan pembangunan di Sumsel

PALEMBANG |  KSOL – Mawardi Yahya, mantan Bupati Ogan Ilir (OI) menilai di Sumsel masih m uncul ketimpangan pembangunan. Hal ini terlihat dari sentralisasi pembangunan di Ibu Kota Provinsi Sumsel. Terpusatnya jumlah usaha ekonomi dan pembangunan infrastruktur di Kota Palembang menjadi salah satu fakta adanya ketimpangan pembangunan  di Sumsel.

Seharusnya menurut Mawardi, pembangunan tidak seharusnya bertumpu pada wilayah Ibu Kota provinsi. Tapi proses pembangunan juga harus menyentuh kawasan lain, terutama di wilayah barat, sehingga pembangunan bisa merata.

“Sekali lagi saya tegaskan, seharusnya pembangunan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur tidak melulu berorientsi di ibu kota provinsi, tidak selalu harus berada di pusat kota. Ini penting agar daerah pinggiran juga mampu bersaing dan terangsang tumbuh menjadi pusat-pusat ekonomi di Sumsel,” tegas Mawardi, Sabtu (21/10/2017).

Diantara yang akan dikembangkan, menurut Mawardi tentang infrastruktur, fasilitas umum, sentra bisnis dan pendidikan akan dibangun dengan cepat. “Dengan pembangunan yang merata apalagi sudah terbukanya akses langsung penerbangan ke Lubuk Linggau dan Pagar Alam, tentunya infrastruktur di sana harus dikembangkan. Jangan terlalu Palembang centria, semua harus dibangun,” ujarnya, Sabtu (21/10/2017).

Mawardi menambahkan, jika saat ini yang dibangga-banggakan adalah pembangunan Kota Palembang maka hal yang sama harus juga terjadi untuk daerah lainnya. Dengan begitu akan terjadi keseimbangan kawasan.

“Pembangunan dan kemajuan tidak boleh hanya dirasakan di wilayah Kota Palembang dan sekitarnya saja, tetapi di kawasan barat juga demikian. Komitmen kami menjadikan Sumsel Maju itu harus merata pembangunannya di semua wilayah Sumsel,” tegasnya.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Mawardi secara resmi direkomendasikan partai NasDem berdampingan dengan Cagub Herman Deru pada Pilgub 2018 Sumsel.

TEKS : T PAMUNGKAS |  EDITOR : IMRON SUPRIYADI |  FOTO :  GOOGLE IMAGE




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *