KPU Empat Lawang menggelar Sosialisasi Sistem Informasi Parpol (Sipol)

EMPAT LAWANG I KSOL – Komisi Pemiliha Umum kabupaten Empat Lawang menggelar acara sosialisasi sistem informasi partai politik (sipol) pemilihan umum tahun 2019, mengenai Verifikasi Faktual partai politik di kantor KPU Empat Lawang, jum’at (29/9/2017).
Ketua KPU Empat Lawang Mobius alhazar mengatakan, sosialisasi ini sangat penting karena pada 1 Oktober 2017 akan di mulai  secara serentak dan nasional mengenai pendaftaran partai politik tahun 2019.

Suasana Sosialisasi Sistem Informasi Parpol (Sipol) di kantor KPU Empat Lawang.

“Jadi acara ini sangat penting sekali untuk di ketahui oleh seluruh Partai Politik yang ada di Empat Lawang” kata Mobius disela-sela acara sosialisasi KPU Empat Lawang, jum’at (29/9).

Lanjutnya, pihaknya sebagai pelaksana penyelenggara pemilu diberi amanat berdasarkan Undang-undang peserta pemilu untuk memverifikasi partai politik sebagai syarat pemilu.
“untuk sistem pendaftaran pemilu di tahun 2017 ini sangat berbeda di bandingkan pemilu sebelum-sebelumnya karena pendafataran partai politik semuanya menggunakan aplikasi yang sudah diatur dalam undang-undang KPU” ujarnya.
Sementara itu Defisi hukum KPU Empat Lawang Ali Amin menjelaskan bahwa, pelaksanaan pemilu 2019 dilaksanakan dengan seluruh partai politik harus melalui mekanisme pendaftaran yang di tentukan oleh KPU dengan menggunakan sistem aplikasi Sipol.
“Iya, syarat utama untuk Parpol bisa mendaftar harus menggunakan sistem aplikasi Sipol” jelasnya.
Mengenai Sipol ini kata Ali Amin, menurut ketentuan PKPH Pasal 12, KPU wajib melaksanakan sosialisai dan memberikan pengertian tentang Sipol tersebut kepada seluruh Partai Politik.
“Nanti, kami tidak menerima pendaftaran dalam bentuk form yang di buat oleh partai politik sendiri, melainkan yang kami terima partai politik yang mendaftar melalui sistem aplikasi Sipol”pungkasnya.
Untuk diketahui acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh Partai Politik yang ada di Empat Lawang, Kesbangpol Empat Lawang serta Panwaslu Empat Lawang.
TEKS / FOTO : ARI / EDITOR : SAUKANI



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *