PWI Empat Lawang dilantik, Rody : Tingkatkan profesionalisme wartawan

EMPAT LAWANG |  KSOL – Bertempat di Hotel Kito Tebing Tinggi, 30 pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Empat Lawang masa bhakti 2017-2019 resmi dilantik oleh PWI Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (5/9/2017).

Ketua PWI Empat Lawang Rody Hartono dalam sambutanya mengatakan, dengan dilantiknya pengurus PWI Kabupaten Empat Lawang ini, diharapkan dapat meningkatkan profesional sebagai wartawan.

” Semoga kedepanya media yang ada di Empat Lawang dapat bersinergi serta bekerjasama dengan Pemkab Empat Lawang dalam dalam memanjukan kabupaten Empat Lawang,” katanya.

Ditempat yang sama Ketua PWI Sumatera Selatan H.Oktaf Riadi mengatakan, saat ini organisasi yang diakui oleh konsituen dewan pers ada tiga yaitu PWI, Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Kalaupun ada organisasi wartawan lainnya, selagi mereka belum diakui dewan pers itu hanya sebagai ikatan saja.

“Organisasi wartawan hanya tiga itu saja yang boleh diikuti, karena ketiganya sudah diakui oleh dewan pers. Apabila wartawan ada permasalah pada saat peliputan dan ingin dilindungi oleh dewan pers harus tergabung dulu dalam organisasi wartawan tersebut,” ujarnya.

Untuk organisasi PWI kata Oktaf, sudah ada sejak dulu, ketika zaman reformasi karena PWI dianggap selalu mendukung pemerintah maka banyak bermunculan oraganisasi wartawan lainnya. Sedikitnya  ada 20 lebih organisasi yang bermunculan. Tapi yang masih bertahan sampai saat ini hanya tiga PWI, IJTI dan AJI.

“Jadi tugas teman-teman wartawan yang ada di empat lawang kedepanya bisa membesarkan nama PWI Kabupaten Empat Lawang,” ujarnya.

Dirinya berharap, untuk Pemkab Empat Lawang, Polres dan organisasi lainya supaya dapat membantu teman-teman wartawan dalam mengumpulkan informasi berita.

“Saya yakin teman-teman wartawan hubunganya sangat baik dengan Pemkab Empat Lawang maupun Polres Empat Lawang karena disitulah mitra kita mencari berita,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, H.Edison Jaya memberikan apresiasi terbentuknya organisasi PWI Kabupaten Empat Lawang. Dirinya berharap profesi wartawan di Empat Lawang makin maju, profesional dan mandiri.

”Insya Allah dengan terbentuknya PWI Empat Lawang ke depanya wartawan di Empat Lawang dapat lebih bagus, profesional dan meyajikan berita yang berimbang sesuai dengan fakta,” pungkasnya.

TEKS / FOTO : ARI |  EDITOR : SAUKANI



Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com