Agenda Lomba Pekan Sastra 2017 berakhir, Besok Wisata Alam di Sumbar

PADANG | KSOL – Hari ini, Selasa (5/9/2017) Pekan Sastra 2017 memasuki hari terakhir lomba. Besok, agendanya wisata alam di Provinsi Sumbar. Pada hari terakhir ini ada 4 cabang seni yang dilombakan, yaitu; lomba membaca cerita rakyat, mendongeng, baca puisi dan berbalas pantun.

Mulyadi. S.S, Koordinator pelaksana Pekan Sastra 2017 menjelaskan, masing-masing cabang lomba memiliki kriteria, diantaranya membaca cerita rakyat dikhususkan bagi siswa Sekolah Dasar (SD). “Pada lomba ini yang dinilai, penampilan, tehnik bercerita, penguasaan materi dan kemampuan peserta,” ujarnya, Selasa (5/9/2019).

Sementara lomba mendongeng, diperuntukkan bagi para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD atau Taman Kanak-Kanak (TK) se- Sumatera. Pointer yang dinilai, menurut Mulyadi meliputi; kemampuan mendongeng, vokal, ekspresi, penghayatan dan penampilan atau visualisasi.

“Selain itu, juga dinilai tentang relevansi dongeng anak-anak, misalnya tema, alur, pesan dan penggunaan bahasa Indonesia,” tambahnya.

Menjelaskan tentang lomba baca puisi, Mulyadi menyebutkan, lomba ini diikuti siswa SLTP. Setiap peserta harus membaca 1 puisi wajib berjudul “jadi Sungai Saja” karya Zelfeni Wimra dan 1 puisi pilihan yang dipilih peserta sendiri.

Pada lomba baca puisi beberapa kriteria yang dinilai menurut Mulyadi; penghayatan ; pemahaman terhadap puisi, penafsiran puisi. Selain itu tehnik vocal, meliputi; pengucapan, kejelasan, artikulasi; intonasi (tekanan tempo dan dinamik); juga pembinaan dan pengembangan klimaks.

“Satu lagi yang juga akan menjadi kriteria penilaian adalah, mimik, ekspresi, keserasian gerak tubuh dengan ucapan, keserasian penampilan dengan suasana puisi,” tambahnya.

Lomba keempat yang menjadi akhir tangkai lomba pada Pekan Sastra 2017, adalah lomba berbalas pantun. Pada lomba ini menurut Mulyadi, melibatkan para mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi yang mewakili balai/kantor bahasa se-Sumatera.

Pada lomba ini, panitia menawarkan sejumlah tema; lestarinya lingkungan hidup dan alam, kesehatan dan olahraga, etika pergaulan remaja, sains, internet dan teknologi digital, pendidikan dan karakter bangsa, harmoni hidup beragama, pemilu dan pilkada, pemimpin dan kepemimpinan bangsa, menjadi  generasi harapan untuk Indonesia yang yang lebih maju, melestarikan budaya daerah meski zaman telah berubah, dan cinta bahasa dan sastra Indonesia sebagai penghargaan terhadap budaya bangsa.

“Menurut jadwal, empat cabang lomba ini akan berakhir pada pukul sepuluh malam dan besok akan ada agenda wisata di Provinsi Sumatera Barat,” ujar Mulyadi.

TEKS : IMRON SUPRIYADI  |  FOTO : DOK.KSOL




One thought on “Agenda Lomba Pekan Sastra 2017 berakhir, Besok Wisata Alam di Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *