923 Orang Masuk Daftar Tunggu Haji

EMPAT LAWANG I KSOL – Kementrian agama (Kemenag) kabupaten Empat Lawang mencatat, saat ini jumlah daftar tunggu haji di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati berjumlah 923 orang.

“Perkiraan kita untuk keberangkatanya di tahun 2032 atau sekitar 14 tahun lagi” kata kepala kantor kemenag kabupaten Empat Lawang melalui kasi penyelenggara haji dan umroh Anas Jauhari saat di bincangi wartawan di ruang kerjanya, rabu(30/8).

Anas Jauhari (Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Empat Lawang)

Sedangkan untuk penambahan kuoto, Dirinya pun menjelaskan, pihaknya masih menunggu kebijakan dari Arab Saudi, pasalnya apabila Arab Saudi memberikan penambahan kuota itu akan berimbas keseluruh provinsi.

“Ya kalau tidak ada pemberitahuan dari Arab Saudi berarti tidak ada penambahan kuoto haji”jelasnya.

Pihaknya pun menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk pendaftar yang sudah masuk usia lanjut, selagi menunggu keberangkatan haji yang masih lama agar tetap bersabar. Kalau memang ada rezeki dianjurkan untuk umroh terlebih dahulu.

“Tekunkan ibadah dan tetap bersabar. Kita tidak bisa keluar dari aturan yang telah dibuat kementrian agama, karena kami hanya menjalankan kebijakan bukan penentu” tegasnya.

Untuk dana keberangkatan haji kata Anas, itu sudah ditetapkan oleh Presiden RI satu tahun sekali, untuk Embarkasih Palembang Rp. 32.958.000.

“Setiap tahunnya berbeda, karena jarak rute penerbanganya jauh, ditambah lagi biaya akomodasi perhotelan di tambah lagi jarak rute penerbangan yang jauh. Di banding Makasar lebih mahal lagi”cetusnya.

 

TEKS/FOTO : ARI / EDITOR : SAUKANI.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *