Palembang akan bangun sentra kuliner

PALEMBANG | KSOL — Pemerintah Kota Palembang bersiap membangun sentra kuliner berbahan ikan dengan mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Harobin Mastofa di Palembang, Rabu, mengatakan, proyek tersebut diperkirakan akan menelan biaya Rp1,4 miliar yang direncanakan akan dikerjakan pada tahun ini juga.

“Rencananya sentra kuliner ini akan didominasi makanan berbahan ikan, tapi juga bisa makanan khas Palembang lainnya,” kata Harobin.

Untuk membangun sentra kuliner ini, pemkot telah menentukan lokasinya yakni di depan RS AK Gani dan di samping kantor PT Patralog Palembang.

“Di lokasi ini ada bangunan kosong. Nanti bangunan ini akan dibongkar dan diperbaiki. Akan ditambah fasilitas toilet, tempat cuci piring, dan lainnya,” kata dia.

Konsep yang ditawarkan dari sentra kuliner ini akan menyerupai Kampung Kapitan yakni menggunakan tenda berukuran besar. Para pedagang akan diberikan kavling masing-masing.

Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Kota Palembang, Hardayani mengatakan pertumbuhan sektor UMKM di Palembang cukup pesat menjelang perhelatan Asian Games 2018.

“Ada peningkatan 15 persen, terutama di bidang kerajinan tangan, fesyen dan kuliner,” kata Hardayani.

Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

Kota Palembang menargetkan jumlah wisatawan dalam negeri menembus angka 1,2 juta jiwa, sedangkan untuk wisatawan manca negara berjumlah 12.000 orang. Target ini cukup tinggi jika dibandingkan capaian tahun 2016 yakni 900.000 orang wisatawan dalam negeri dan 9.000 wisatawan manca negara.

TEKS : ANTARASUMSEL.COM | FOTO : GOOGLE IMAGE  




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *