Kabarbuku.com : Telah Hadir, Toko Buku Online Wong Plembang

PALEMBANG | KSOL  – Bagi penulis di Sumatera Selatan, sekarang tak perlu susah-susah jualan buku  dari pintu ke pintu, apalagi harus kulu kilir ke toko buku. Selain butuh energi, menyita waktu, ternyata kita juga sering terjebak macet berjam-jam di jalan. Aduh! capek dan melelahkan.

Selain itu, para penulis baik dari kalangan akademisi, siswa, mahasiswa yang hobi menulis, apalagi sudah memilik karya, tak perlu bingung untuk nego ke penerbit Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan kota besar lainnya untuk berjualan. Sebab yang paling dekat dengan kita sudah ada.

Bahasanya, kalu ado toko online punyo wong kito, ngapoi nak ke wong laen? Sudalah ke kito be. (Kalau ada toko buku punya orang kita, mengapa harus ke orang lain, sudahlah ke kami saja).

Sekarang, Wong Plembang sudah punyo toko buku online, namanya : www.kabarbuku.com Ini sengaja kami buat untuk menampung dan jualan buku kawan-kawan Palembang.

Imron Supriyadi, Direktur Lembaga Pendidikan Pers Sriwijaya (LP2S) Palembang menyebutkan, toko buku online ini didirikan atas kerjasama Manajemen Kolaborasi Media Digital (Komed) managemen dan LP2S Palembang.

Menurut pria kelahiran Magelang 18 Mei 1973 ini, ide membuat Toko Buku Online di Palembang sudah muncul sejak tahun 2002. Tapi menurut penulis buku “Ravolusi Hati untuk Negeri” ini baru terwujud sekarang.

“Kalau ide sudah lama, kira-kira tahun 2002. Tapi waktu itu saya hanya ada ide saja dan saya waktu itu masih gaptek. Jadi ya baru sekarang bisa kita maksimalkan. Tapi tidak ada kata terlambat untuk berbuat kebaikan,” ujarnya saat ditemui di kantornya di Jalan Seruni Palembang.

Pendiri Komed Managemen Palembang, Kgs. Fisika Fikri, S.Si

Imron Supriyadi, Direktur Lembaga Pendidikan Pers Sriwijaya (LP2S) Palembang

Sementara itu, Pendiri Komed Managemen Palembang, Kgs. Fisika Fikri, S.Si menyebutkan, pihaknya sangat responsif ketika LP2S mengajak kerjasama membuat toko buku online, apalagi untuk menampung karya wong Palembang.

“Saya sebagai putra asli Palembang sangat senang dengan gagasan ini, sebab yang saya tahu, di Palembang ini banyak karya dalam bentuk buku tapi tidak banyak diketahui publik. Nah, inilah ruang bagi teman-teman untuk mempublikasikan karya mereka,” ujarnya, Selasa (15/8/2017).

Fisika yang akrab dipanggil Fika ini menyebutkan, awal kerjasa ini dimuai ketia Komed Manajemen menggandeng LP2s Palembang menjadi konsultan pelaksana Majalah SUPER KIDZ. Dari penerbitan ini kemudian berkembang sampai akhrinya mendirikan www.kabarbuku.com ini.

“Jadi kami kerjasama dengan dapat dua paket sekaligus, pertama LP2S sebagai konsultan pelaksana penerbitan majalah kami, kedua sebagai mitra toko online, terutama karya teman-teman dari Palembang,” ujar alumnus Universitas Sriwijaya ini.

Namun demikian, meskipun kabarbuku.com ini lahir dari Palembang, namun sifatnya sangat terbuka untuk umum. “Toko ini hanya lahirnya saja dari Palembang, tapi tentang karya siapa yang akan kita jual, ya penulis dari manapun boleh selama memenuhi kriteria manajemen,” ujar Fika.

Lebih lanjut Fika mengatakan, setiap buku yang masuk akan tetap melalui tahapan seleksi. Sebab, kualitas buku juga menjadi pertimbangan marketing, baik dari sisi cover dan konten.  Hal ini dilakukan untuk menjaga integritas dan kualitas produk yang dijual mellaui www.kabarbuku.com.

Oleh sebab itu, menurut Fika Komed Managemen dan LP2S juga menyiapkan tim yang ikut menyeleksi buku yang akan dijual. “Kita melibatkan sejumlah akademisi, jurnalis, editor buku, marketing dan penulis untuk menentukan layak dan tidaknya sebuah produk itu dipublikasi melalui managemen kami,” ujarnya.

TEKS : P HAYATI | FOTO : DOK.KSOL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *