Pilkada Palembang akan diwarnai Muka Lama

PALEMBANG | KSOL — Aroma politik di Palembang kian menggeliat. Sejumlah kandidat wali kota sudah bermuncullan. Namun Yudi F Bram, salah satu tokoh pemuda di Palembang menilai, pada Pilkada 2018 Kota Palembang masih diwarnai muka lama, yang sebelumnya pernah ikut dalam kompetisi politik di Palembang.

Ujaran Yudi ini bukan isapan jempol. Sebab deretan muka lama dipastikan akan kembali ikut dalam kompetisi politik pada Pilkada Palembang 2018. Selain Harnojoyo,  yang masih menjabat Wali Kota Palembang, muncul pula nama Mularis Djahri dan Sarimuda. Kedua nama ini sebelumnya pernah ikut dalam Pilkada Palembang. “Ada tiga kandidat dari muka lama, yaitu Harnojoyo, Mularis dan Sarimuda,” ujarnya, Sabtu (5/8/2017).

Menurut Yudi, pada Pilkada di Palembang mendatang diperkirakan faktor basis partai dan finansial sangat berpeluang memenangi  kompetisi politik di Palembang.

Paling tidak, kandidat Wali Kota Palembang yang memiliki basis partai dan finansial kuat akan lebih mudah lolos syarat dukungan parpol di Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang mensyaratkan 20 persen (50 kursi) dari total kursi di DPRD Palembang. “Atau sepuluh kursi maupun dua puluh lima persen suara sah pada Pileg 2014,” ujarnya.

Lebih lanjut Yudi menyebutkan, dekatnya pelaksanaan Pilkada serentak  pada 2018 dan Pilpres 2019, akan sangat berpengaruh. Dengan kata lain koalisi nasional yang saat ini sedang menjadi wacana aka nada efek politik pada Pilkada di Palembang dan di sejumlah daerah lainnya.

Yudi mencotohkan Mularis Dkahri yang saat ini menjabat  Ketua Partai Hanuar Sumatera Selatan. Posisi Mularis sangat berpeluang akan mendapat dukungan dari partai Nasdem, PKB, Golkar, PPP dan PBB. “Bahkan sangat mungkin akan mendapat dukungan dari PDIP. Sebab partai-partai ini sudah bergabung dalma koalisi nasional,” ujarnya.

Ditanya tentang pasangan masing-masing bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang, Yudi menyebutkan meski belum tampak, namun dua pasangan sudah mengerucut pada satu pasang. Diantaranya Harnojoyo berpasangan dengan Fitrianti Agustinda (Finda).

Sementara Mularis Djahri berpasangan dengan Lury Elza Alex (LEA). “Kedua pasangan ini memiliki keunggulan masing-masing. Tinggal bagaimana kedua pasangan ini bisa memaksimalkan strateginya,” tegasnya.

TEKS : T PAMUNGKAS   | EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *