159 Orang tahanan, 90 Diusulkan Mendapatkan Remisi

EMPAT LAWANG I KSOL – Sebanyak 90 orang tahanan Cabang Rutan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, akan diusulkan mendapatkan remisi pada peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 pada tanggal 17 Agustus 2017 mendatang.

Kepala Rutan Tebing Tinggi Hery melalui Kasubsi pelayanan tahanan dan pengelolaan, Sukma Amri mengatakan, jumlah tahanan yang berada dilapas Tebing Tinggi ini lebih kurang berjumlah 159 orang dan 90 diantaranya akan diusulkan mendapatkan remisi.

” Setelah Surat Keputusan (SK) turun, kemungkinan ada 90 orang tahanan yang akan dapat remisi, karena saat hari raya kemarin ada sekitar 84 orang tahanan yang mendapatkan remisi,” kata Sukma Amri, Senin (24/7/2017).

Dijelaskannya, tahanan yang tidak mendapatkan remisi adalah tahanan yang terjerat kasus narkoba, korupsi dan makar,  selebihnya tahanan yang statusnya belum mendapatkan keputusan dari pengadilan.

” Ada beberapa tahanan yang tidak mendapat remisi, tahanan kasus narkoba, korupsi, dan makar, tapi disini tidak ada tahanan makar yang ada hanya narkoba, begal dan korupsi, nah untuk sisanya yang belum putus pengadilan,” jelasnya.

Lanjutnya, salah satu syarat dan kriteria untuk mendapatkan remisi tahanan, yaitu berkelakuan baik selama dilapas dan mengikuti sosialisasi dari pihak lapas.

” Tahanan yang berkelakuan baik selama dilapas pasti kita remisikan, karena kita rutin melakukan sosialisasi kepada para tahanan, yang kita lakukan memberi himbauan kepada para tahana, agar tidak berusaha memakai narkoba didalam lapas atau berusaha kabur, dan kemungkinan akan kita ajukan,” katanya.

Dia juga menambahkan bahwa, selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga membuat agenda rutin kepada para tahanan dengan kegiatan keagamaan, dimana setiap hari senin dan jumat para tahanan rutin melakukan pengajian.

” Kita lakukan kegiatan mengaji setiap senin dan jumat, tujuannya untuk membina para tahanan dari segi keagamaan,” pungkasnya.

 

TEKS / FOTO : ARI / EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *