Tak Melibatkan Masyarakat, HUT Ke-4 Muratara Tak Meriah

MURATARA | KSOL –  Hari jadi Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang diperingati pada 11 Juni lalu, dinilai kurang meriah. HUT Muaratara ke-4 hanya berjalan biasa-biasa saja.

Umar (50), warga Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, menilai berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal itu karena kurangnya partisipasi dari instansi pemerintahan untuk memeriahkan.

Menurutnya, tahun lalu saja masyarakat ikut serta untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Muratara dengan memasang umbul-umbul di sepanjang jalan.

“Tahun ini memang kurang meriah, jangankan masyarakat, kantor-kantor dinas saja banyak yang tidak pasang umbul-umbul, padahal lokasi kantornya ada di pinggir jalan lintas,” kata Umar, Senin (12/06/2017).

Senada dengan Umar, warga lainnya Yudi (35), mengatakan dalam setiap HUT kabupaten memasang umbul-umbul adalah hal terkecil sebagai bukti keikutsertaan dalam memeriahkan hari jadi suatu daerah.

“Memasang umbul-umbul itu paling murah biayanya, tapi nyatanya?‎ Padahal ini acara besar, untuk mengenang hari jadi Kabupaten Muratara, tentunya ini menjadi sorotan masyarakat,” kata Yudi.

Sementara, Marni (38) warga Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, juga menyayangkan terhadap peringatan HUT Muratara pada tahun ini. “Sangat disayangkan, karena ini moment sangat penting,” ujarnya.

Apalagi kata Marni, banyak tamu yang datang dari luar. Seperti Gubernur Alex Noerdin dan sejumlah kepala daerah tetangga. Tentunya ini akan menjadi penilaian dan membuat malu Kabupaten Muratara.

“Dilihat secara kasat mata, memasang umbul-umbul saja tidak mau. Yah, tentu ini sangat memalukan, apalagi yang datang bapak Gubernur Alex Noerdin,” tambahnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Muratara H Abdullah Makcik mengatakan, pihaknya sudah dari jauh-jauh hari menginstruksikan kepada seluruh instansi pemerintahan untuk memasang baleho atau umbul-umbul.

“Ya sudah dari jauh-jauh hari kita ingatkan, yang pastinya seluruh instansi sudah komit untuk menyukseskan HUT Kabupaten Muratara yang ke-4 tahun,” pungkasnya.

TEKS : RAHMAT AIZULLAH | EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *