Polsek Lawang Kidul Intensifkan Razia Petasan di Pasar Tanjung Enim ‎

TANJUNG ENIM | KSOL – Guna memberikan kenyamanan dalam pelaksanaan ibadah selama bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah/2017 Masehi, Kepolisian Sektor (Polsek) Lawang Kidul menggelar Razia terhadap para pedagang percon ataupun petasan. Razia dipimpin langsung Kapolsek Lawang Kidul AKP Yosef Rizal SH pada Rabu, (30/5/17), sekitar pukul 17.00 WIB.

Saat menggelar razia Kapolsek Lawang Kidul beserta anggotanya juga didampingi Kasat Narkoba Polres Muara Enim AKP Alhadi A SH dan Kanit Pidum  Iptu Alfian serta anggota Satpol PP Kabupaten Muara Enim.

“Ya kegiatan razia ini di intensifkan agar umat muslim yang tengah melaksanakan ibadah puasa dapat khusuk dan tenang tanpa ada gangguan kebisingan dari bunyi atau suara yang bersumber dari petasan atapun percon yang di nyalakan oleh warga,”ujar Kapolsek saat di wawancarai di sela razia.

Tampak Razia petasan yang dilakukan Polsek Lawang Kidul dipimpin Kapolsek AKP Yosef Rizal SH beserta anggotanya, didampingi Kasat Narkoba Polres Muara Enim AKP Alhadi A SH menyusuri lokasi Pasar baru Bantingan Tanjung Enim

Selain menggelar razia petasan kata Yosef,  Polsek Lawang Kidul juga menggelar razia minuman keras (miras) di kios-kios ataupun warung toko yang disinyalir menjual minuman di Tanjung Enim.

“Sesuai dari perintah Kapolda Sumatera Selatan, yang di instruksikan ke Polres-Polres, ditindaklanjuti di tingkat Polsek, seperti halnya Polsek Lawang Kidul. Kita sejak ramadhan bergulir sudah 4 kali melakukan razia dan akan terus dilakukan razia,” jelasnya.

“Jadi yang sifatnya bisa mengganggu kenyamanan dalam beribadah, kita akan tindak tegas. Sebelumnya kita sudah mengimbau dan memperingatkan kepada pedagang untuk tidak lagi menjual petasan dan miras,‎ demi keamanan masyarakat, bukan saja pada bulan puasa, tapi di luar bulan puasa kita tetap kita larang,” tambahnya.

Saat ditanya dari mana datangnya petasan hingga di jual bebas dipasaran, Kapolsek menyebutkan para pedagang kecil (emperan) , mendapat pasokan petasan dari kota Palembang.

Lebih lanjut kata Yosef, pihaknya tidak melarang mereka mencari makan cara berdagang, terlebih menjelang lebaran. “Silahkan berjualan sejenis kembang api saja, tapi kembang api dengan kapasitasnya tidak mengandung bunyi ledakan. Kalau menimbulkan suara ledakan, tentu akan mengganggu aktivitas masyarakat yang tengah menjalankan ibadah puasa ataupun ibadah sholat tarawih dan shubuh di masjid-masjid yang ada,” terangnya.

Dari pantauan Kabarsumatera.com di lapangan, dalam razia yang di gelar aparat Polsek Lawang Kidul, juga melibatkan tim gabungan, diantaranya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Muara Enim.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *