Pemkot Palembang kembangkan perikanan di perairan umum

PALEMBANG  | KSOL — Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya mengembangkan budi daya perikanan  di perairan umum dengan memanfaatkan rawa dan sungai yang ada di sekitar kawasan permukiman penduduk.

Untuk mengembankan budidaya perikanan perairan umum, warga kota setempat didorong memanfaatkan potensi yang tersedia cukup besar di kota yang dibelah menjadi dua bagian oleh Sungai Musi itu, kata Sekda Palembang Harobin Mustafa, di Palembang, Senin.

Menurut dia, pemanfaatan potensi perikanan perairan umum di kota ini perlu didorong lebih besar lagi sehingga dapat meningkatkan produksi ikan  dan mengurangi ketergantungan pasokan dari daerah lain.

Jika melihat potensi perairan umum yang dimiliki kota ini tidak mungkin kebutuhan ikan masyarakatnya dipenuhi dari daerah lian, namun kenyataannya hingga kini kebutuhan ikan warga Kota Palembang sebagian dipenuhi dari sejumlah daerah sekitar seperti Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan Kabupaten Banyuasin.

Sekda Palembang Harobin Mustafa. (Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

Jika potensi perikanan perairan umum dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga kota ini, ketergantungan pasokan ikan dari beberapa daerah tersebut bisa dikurangi, katanya.

Dia menjelaskan, Palembang berpotensi mengembangkan perikanan perairan umum karena memiliki Sungai Musi dan terdapat banyak lahan rawa.

Melihat potensi daerah yang sangat mendukung untuk mengembangkan perikanan perairan umum, seharusnya dapat memenuhi kebutuhan ikan masyarakat kota setempat tanpa tergantung dengan daerah lain.

Berdasarkan data pasokan ikan ke Pasar Induk Jakabaring Palembang, setiap hari berkisar 12-15 ton ikan didatangkan dari sejumlah kabupaten terdekat.

Untuk mendorong pemanfaatan potensi perikanan yang ada di kota ini, pihaknya melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait berupaya memberikan pembinaan dan bantuan kepada masyarakat yang tertarik menekuni usaha perikanan, kata Harobin.

TEKS/FOTO : ANTARASUMSEL.COM 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *