Dana Desa Tahap Pertama di Empat Lawang Mulai Dicairkan

EMPAT LAWANG |  KSOL – Dana desa tahap pertama di Kabupaten Empat Lawang mulai dicairkan. Namun, pada tahap awal ini, pencairan baru diterima 14 desa yaitu di kecamatan Ulu Musi, sisanya ada 133 desa di sembilan kecamatan masih terkendala kelengkapan administrasi.

M Alhumaidi Saman (Kepala DPMDP3A Empat Lawang)

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Empat Lawang, Alumaidi Saman mengatakan, terhitung kemarin (30/5/2017) dana desa mulai dicairkan. Dalam hal ini, BPMDP3A tidak pernah menghambat dalam proses pencairan Dana desa tersebut.

Kata Alhumaidi, sejauh ini ada 9 kecamatan lagi belum bisa melakukan pencairan, karena beberapa faktor administrasi, diantaranya bukti selip pajak, SPJ dan perlengkapan administrasi lainnya, sehingga pencairan tertunda.

Namun, pihaknya juga tidak mau dalam proses pencairan seloncongan saja. Harus sesuai aturan, administrasi dan keperluan harus diselesaikan semua. “Harusnya tahap satu ini sudah dicairkan April, tapi kalau tidak lengkap administrasi, kami tidak berani,” ujarnya.

Alhumaidi menyebut, dari 10 Kecamatan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini baru satu kecamatan yang selesai pencairan dana desa yakni Kecamatan Ulu Musi. Artinya dari 147 Desa yang ada, baru 14 desa yang telah selesai pencairan, sementara untuk 133 desa di Kecamatan Tebing Tinggi, Talang Padang, Sikap Dalam, Pasemah Air Keruh, Lintang Kanan, Muara Pinang, Pendopo Induk, Pendopo Barat dan Saling akan diupayakan secepatnya.

“Diupayakan awal juni seluruh desa akan cair semua. Sebab, saat ini setiap desa sudah selesai semua verifikasi data. “Seperti kecamatan Pendopo sudah selesai semua, tinggal pencairan saja, insyaAllah awal juni cair semua,” sebutnya.

Alhumaidi memaparkan, jumlah seluruh atau jumlah total dana desa untuk Kabupaten Empat Lawang sebesar Rp118 milyar. Dibagi di 147 Desa, hasilnya desa terkecil mendapatkan Rp740 juta dan desa terbesar mendapat Rp790 juta. “Untuk pencairan sebenarnya kita tidak menunggu perkecamatan, desa mana yang cepat, segera dicairkan. 3 desa saja yang selesai, kami cairkan. Yang penting syarat dan ketentuan sudah selesai semua,” tukasnya.

TEKS / FOTO : ARI | EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *