Anggaran Pilkada Empat Lawang Capai Rp 38,7 Miliar

EMPAT LAWANG |  KSOL – Sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Empat Lawang akan dimulai 14 Juni 2017. Kendati demikian pihak penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang memastikan, tahapan tetap memasuki Agustus 2017 mendatang.

ketua KPU Empat Lawang Mobius Alhazan menandatangani NPHD.

Terkait pendanaan, Ketua KPU Empat Lawang, Mobius Alhazan menjelaskan, total dana pilkada mecapai Rp 38,7 Miliar. Dengan rincian pencairan tiga tahap, yaitu pada 2017 dua tahap masing-masing Rp 6 Miliar kemudian tahap kedua Rp 10 Miliar dan pada tahap ke tiga di 2018 sebanyak rp 22 Miliar.

Kata Mobius, penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) sudah dilakukan, Jum’at (26/5/2017) lalu. “Ada sekitar 12 hingga 13 bulan lagi memasuki masa pencoblosan, yaitu pada 27 Juni 2018,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada 2018 mendatang, ada 10 daerah yang menggelar Pilkada termasuk Provinsi Sumsel. Untuk di Sumsel ini baru Kabupaten Empat Lawang yang sudah melakukan penandatanganan NPHD. “Baru Empat Lawang sudah hibahkan dananya ke KPU,” ujarnya.

Untuk di Empat Lawang, kata Mobius, sejauh ini suasana politik masih kondusif, sebagai penyelenggara pesta demokrasi pihaknya berharap agar Pilkada Empat Lawang dapat berlangsung sukses dan aman. “Sosialisasi secara bertahap akan kita mulai, termasuk persiapan awal tahapan pilkada di Empat Lawang nantinya,” katanya.

Bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah menandatangani NPHD.

Sementara itu, bupati Empat Lawang H Syahril Hanafiah mengapresiasi kinerja Komisioner dan jajaran KPU Empat Lawang.

Ia mengingatkan, agar segenap pejabat dan PNS di Empat Lawang membantu mensukseskan pelaksanaan Pilkada Empat Lawang 2018 mendatang. Silahkan mendukung tapi ingat ada aturannya, selain itu tidak terlibat politik praktis apalagi menjadi pengurus partai.

“Mari kita amankan, jangan sampai masyarakat ribut seperti pilkada sebelumnya,” tukasnya.

TEKS / FOTO : ARI |  EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *