Menuju Perusahaan Energi Kelas Dunia, PTBA-ITB Sepakati Kerja Sama Riset

TANJUNG ENIM | KSOL –  PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) Tanjung Enm, atau menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Hal ini dilakukan terkait kerja sama riset dan pengembangan di bidang energi dan industri.

Penandantangan MoU dilakukan Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin dan Wakil Rektor Bidang Akademik ITB, Prof Ir Bermawi Priyatna Iskandar M.Sc, Ph.D mewakili Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA, Selasa (23/5/17) di Gedung Rektorat ITB.

Sekretaris Perusahaan (Sekper) PTBA Adib Ubaidillah, kepada media di Muara Enim melalui pesan tertulisnya menyampaikan, Dirut PTBA Arviyan Arifin mendukung kajian untuk mengolah batubara menjadi beberapa produk derivarifnya, sehingga PTBA merasa perlu untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dari kalangan perguruan tinggi seperti ITB.

“Ini suatu kehormatan dari PT Bukit Asam karena bisa menjalin kerja sama dengan lembaga perguruan tinggi ITB yang sudah sangat kita yakini dengan segala kegiatan pendidikannya. selama ini,”  kata Arfiyan.

Bentuk kerja sama ini meliputi riset gasifikasi batubara dan riset gasifikasi biomassa untuk menghasilkan sintesis gas (CO dan H2) untuk memproduksi methanol dan produk turunan batubara di antaranya Dimethyl Ether (DME), LPG, Olefelin, Amoniak, dan Urea.

Kerjasama juga meliputi riset pembuatan karbon komposit dari bahan biomassa, riset pembuatan solar cell, dan bidang pendidikan.

Dari kerjasama ini, PTBA berharap ITB mampu untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pemanfaatan batubara untuk menghasilkan berbagai produk derivarifnya.

Selain itu lanjut Arviyan, PTBA juga berharap melalui kerjasama ini PTBA dapat meningkatkan potensi bisnis dari hasil riset yang dijalankan bersama dengan ITB, sebagai dari strategi pengembangan bisnis “Beyond Coal”.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik ITB, Prof Ir Bermawi Priyatna Iskandar mengatakan, kerja sama antara PTBA dan ITB merupakan langkah tepat. Sebab ITB telah memiliki SDM yang telah ahli di bidangnya serta berpengalaman.

“Saya yakin, teman-teman di ITB bisa memenuhi keinginan yang diharapkan oleh PTBA. Dan tentunya kami berharap kerja sama ini memberi kemaslahatan baik bagi PTBA dan ITB, dan juga adanya penambahan dana penelitian,” ujarnya.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *