TKS Perawat di Empat Lawang minta kejelasan, “Takutnya nama kami tidak terdaftar”

EMPAT LAWANG I KSOL – Sebanyak 158 Tenaga Sukarela (TKS) perawat mulai dari RSUD dan seluruh Puskesmas yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, mendatangi Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Empat Lawang, terkait adanya Repisi Undang-undang ASN Tentang Pengankatan Pegawai, Selasa (23/5).

TKS Perawat saat bertemu dengan pegawai BKPSDM Empat Lawang

Mereka mempertanyakan kepada pihak BKPSDM mengenai kejelasan mereka bekerja selama ini, terdaftar atau tidak di BKPSDM Empat lawang, sebagai perawat di Puskesamas dan RSUD. “kami ke sini silahturahmi Bukan Demo, menanyakan data kami. Ada tidak nama kami terdaftar di BKPSDM ini,” kata salah seorang perawat, Didi Permana.

Didi Mengatakan pihaknya sebetulnya ingin duduk bersama dengan pihak BKPSDM mengenai tuntutan dari rekan perawat. “Wajarkan Kami Menayakan Kepihak yang berwenang (BKPSDM, Red), kami hanya ingin mensinkronkan data. Takutnya nama kami tidak terdaftar di sini,” tegas Didi didampingi perawat lainya Juanda.

Lanjut, Didi mengeluhkan Bahwa selama ini Mereka (tenaga perawat) tidak memiliki gaji tetap, walaupun ada hanya kebijakan dari kepala Pusekesmas semata. Untuk hidup sehari-hari mencari tambahan dari luar. “Kalau gaji memang tidak ada dari dulunya. Bukan berapa bulannya belum gajian. Memang tidak ada gaji.” Terangnya.

Seorang perawat lainnya, Eri, mengatakan, ia sudah menjadi tenaga sukarela di Empat Lawang sekitar 12 tahun lamanya. Ia berharap agar data para TKS diperjelas dan bisa didata.
Karena kalau mengandalkan dari gaji TKS mungkin tidak akan cukup untuk kebutuhan sehari-hari. “yak mintak – mintak bae kami ni tedaftar di BKPSDM, jadi men ado pengangkatan PNS kalu syarat o la cukup mandang pacak diangkat pulo jadi PNS” Harapnya,dengan logat bahasa khas Empat Lawang.

Sementara kepala BKPSDM sedang tidak ada di kantor, diwakili Kasubid Pengadaan, Khairil menyampaikan agar para perawat untuk menanyakan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersangkutan, seperti Dinas Kesehatan Empat Lawang.

“Na, Permasalaan ini kami akan menayakan kepada Kepala BKPSDM dulu, sekarang Kepalanya sedang Dinas Luar, Kami Tidak Bisa Memutuskan,” Katanya.

Tepisah, Setelah medatangi Kantor BKPSDM para Perawat tesebut mendatangi Dinas Kesehatan ( Dinkes ) Empat Lawang, yang juga masih mempertanyakan setatus mereka, akan tetapi hasilnya nihil sebab tidak ada yang menyambut mereka.

Pengamatan wartawan dilapangan, ratusan para Perawat yang datang kekantor Dinkes datang dengan tertib, akan tetapi tidak ada penjelasan sebab para pejabatnya tidak ada ditempat, “Memang Kepala dinasnya Sedang Melakukan Pim, tetapi ada yang lain, tetap tidak ada yang menyambut,” tukasnya.

TEKS / FOTO : ARI / EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *