Gorong-gorong Tak Sesuai Juknis, Rumah dan Kebun Warga Terendam

MUARA ENIM | KSOLPengerjaan proyek gorong-gorong di Jalan Lintas Sumatera tepatnya di Desa Ujanmas Kecamatan Ujanmas Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan bukan menjadi penyelesai banjir. Keadaan justeru berbalik. Puluhan rumah dan kebun milik warga setempat terendam air. Warga berharap ada ganti rugi dari pihak terkait.

Diduga, hal itu terjadi karena pengerjaan gorong-gorong tidak sesuai petunjuk teknis (juknis). Proyek yang dikerjakan oleh Balai Jalan Nasional Sumatera 1 membuat gorong-gorong tertutup. Tak ayal, aliran anak sungai dari dua arah tertutup dan tidak berfungsi. Akibatnya, rumah dan puluhan kebun milik warga setempat terendam.

Kondisi Gorong-gorong di pinggiran Jalan Lintas Sumatera Desa Ujanmas,Kabupaten Muara Enim, Sumsel

Andi Regen, salah seorang korban dampak proyek tersebut kepada Kabarsumatera.com mengatakan, dirinya sangat menyayangkan kepada pihak pelaksana. Sebab pengerjaan gorong-gorong berdampak tertutupnya aliran sungai di hulu hingga merendam perkebunan dan rumah warga. “‎Kepada pihak terkait agar melakukan ganti rugi, sebab kebun dan rumah warga sudah rusak dan tidak bisa menghasilkan lagi,” ujarnya.

Dikatakannya, terkait permasalahan ini pihaknya melalui pemerintah desa setempat sudah melayangkan surat kepada Kementerian PU di Jakarta, namun sampai saat ini belum ada realisasinya.

‎Sementara itu, saat Kabarsumatera.com mencoba melakukan konfirmasi kepada para pelaksana lapangan. Namun diantara mereka enggan memberikan  komentar. Alasannya mereka takut salah bicara, karena  yang berkompeten menjawab sedang tidak ada ditempat.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *