UNBK di Muaraenim Tersandung Dana, Baru 5 Sekolah yang Mandiri

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar

MUARA ENIM | KSOL – Bupati Muaraenim, Ir Muzakir Sai Sohar mengatakan, tahun ini Pemkab Muara Enim baru dapat memenuhi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di dalam kecamatan kota Muara Enim.  “Kendalanya adalah dana. Sebelumnya kita telah berupaya agar mendapat bantuan dari pemerintah pusat, namun belum bisa direalisasikan,” ujar Muzakir dalam kunjungannya di sejumlah sekolah yang melaksanakan UNBK, Selasa (2/5/17).

Terkit dengan hal itu, Muzakir mengatakan pihaknya ke depan akan berusaha agar pemenuhan kebutuhan prasarana komputer dapat dimasukkan dalam APBD. “Kita berharap tahun depan semua sekolah akan menyelenggarakan UNBK,” harap Cakuk, sapaan akrab Muzakir.

Hal yang sama disampaikan Drs H Muzakar M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Muara Enim. Menurutnya, dari 126 SMP di Muara Enim, baru 14 SMP yang melaksanakan UNBK tahun ini.

“Dari jumlah tersebut, ada lima SMP yang melaksanakan UNBK secara mandiri dan sembilan SMP lainnya masih menumpang sarana di SMA atau SMK yang ada,” papar Muzakar.

Dikatakan Muzakar, dirinya berkomitmen seluruh sekolah di Kabupaten Muara Enim tahun depan bisa melaksanakan UNBK. Walaupun tidak secara mandiri. Setidaknya menurut Muzakar setiap kecamatan ada satu lokasi yang melaksanakan UNBK secara mandiri.

“Kita berharap tahun depan Muaraenim menjadi kabupaten pertama yang melaksanakan UNBK seluruh SMP,” pungkasnya.

Diketahui pelaksanaan   UNBK tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) tahun pelajaran 2016/2017 sudah dimulai sejak Selasa (2/5/17).

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar kali itu, didampingi Kepala Disdikbud Kabupaten Muara Enim, Drs H Muzakar M.Pd meninjau pelaksanaan UNBK hari pertama di beberapa sekolah di kecamatan kota Muara Enim, Sumatera Selatan. Peninjauan dilakukan untuk melihat secara langsung jalannya UNBK.

Dari pantauan Kabarsumatera setidaknya ada empat sekolah yang dikunjungi Bupati, yakni SMP Negeri 1 Muara Enim yang melaksanakan UNBK secara mandiri dan SMP Negeri 2 Muara Enim yang melaksanakan UNBK di SMK Negeri 2 Muara Enim. Kemudian SMP Negeri 3 Muara Enim di SMK Negeri 1 Muara Enim serta Madrasah Tsanawiyah  (MTs) Negeri Muara Enim di SMA Negeri 1 Muara Enim.

Dalam kegiatan tersebut, Muzakir menanyakan kesiapan para siswa dalam mengikuti ujian. Dirinya juga memantau dan memonitoring prasarana yang digunakan para siswa.

Seperti diketahui, Tahun ini setidaknya ada 10.211 siswa tingkat SMP/MTS di kabupaten Muara Enim yang mengikuti ujian nasional. 8.015 siswa diantaranya masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP), dan 2.196 siswa melaksanakan Ujian Nasionas Berbasis Komputer (UNBK).

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *