Dianggap Mati Suri, 70 Persen Koperasi di Empat Lawang Dicabut

EMPAT LAWANG I KSOL – Setidaknya tercatat 70 persen badan hukum koperasi di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, telah dicabut badan hukumnya oleh Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja. Hal itu dilakukan, setelah dilakukan pendataan dan dianggap sudah tidak aktif atau mati suri.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Empat Lawang, Kuswinarto mengatakan, jika pihaknya saat ini akan benar-benar melakukan pengawasan terhadap koperasi yang ada di Empat Lawang. “Pengawasan yang kita lakukan yakni dengan langsung terjun ke lapangan mendata setiap koperasi dan juga memberikan binaan. Kita ingin koperasi itu benar-benar berjalan dan aktif,” ungkap Kuswinarto baru baru ini.

Sebelum mendirikan koperasi, sebut Kuswinarto, masyarakat harus terlebih dahulu mengetahui apa fungsi dari koperasi itu, jadi setelah koperasi itu sudah terbentuk masyarakat mengerti apa yang harus mereka lakukan. “Fungsi dari koperasi itu kan sudah jelas, untuk mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi,” jelasnya.

Untuk diketahui, menurut data yang diperoleh dari Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Empat Lawang, jumlah koperasi  ditahun 2013 sebanyak 122 unit, lalu tahun 2014 sebanyak 122 unit, kemudian tahun 2015 berjumlah 160 unit, dan tahun 2016 sebanyak 182 unit.

TEKS / FOTO : ARI  /  EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *