Pemkab Empat Lawang Usulkan Lelang 17 Mobdin

EMPAT LAWANG I KSOL- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang di tahun 2017 ini akan mengusulkan lelang 18 unit mobil dinas (Mobdin) umum, dan satu unit mobdin khusus (mobil Bupati, red).

Plt Sekretaris Sekda Kabupaten Empat Lawang H Edison Jaya melalui Kabag Umum Chandra mengatakan, jika pemerintah telah mengusulkan untuk melelang 18 mobil pemkab. “Mobil yang dilelang itu dari tahun 2008 sampai tahun 2010, kami sekedar mengusulkan, belum tentu juga disetujui,” ujar Chandra, Senin (27/2/2017).

Alasan Pemerintah mengusulkan lelang mobil ini, sebut Chandra, karena pihaknya mengangap mobil dari tahun 2008, umurnya tidak lagi efisien. “Untuk sistem lelangnya, itu pihak BPKAD yang lebih mengerti yakni dibagian aset, kami sekedar mendata, lalu menyerahkan data kepada bagian aset,” jelasnya.

M Daud (Kepala DPKAD Kabupaten Empat Lawang)

Sebelumnya, Kepala BPKAD Empat Lawang M Daud melalui Kabid Aset, Irhan Gopar mengatakan, tujuan dilakukan lelang mobdin tersebut untuk meremajakan kendaraan dinas yang digunakan oleh SKPD di Empat Lawang. “Kami rencananya akan melakukan pelelangan kendaraan dinas yang digunakan SKPD. Kami sudah membuat surat pengumuman ke SKPD, kemudian kerangka hukum dan Peraturan Daerah (Perda) nya agar pelelangan sesuai dengan prosedur,” ujarnya.

Waktu dan tempat pelaksanaan lelang, dirinya menuturkan, jika rencananya lelang umum akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2017. “Pelaksanaannya nanti di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lahat, yang membawahi tujuh kabupaten dan kota di Sumsel, waktunya sekitar pertengahan tahun,” ungkapnya.

Meskipun demikian, pihaknya tidak mempunyai hak lelang kendaraan dinas tergantung dari persetujuan Bupati. “Harus persetujuan bupati, tapi yang menentukan kendaraan tersebut layak atau tidak untuk dilelang tergantung KPKNL Lahat,” ucapnya.

Selanjutnya, kendaraan dinas yang akan dilelang harus memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan.”Syarat kendaraan mobil atau motor bisa dilelang, umur kendaraan sudah 7 tahun dan harus ada penggantinya kendaraan itu, kami menyiapkan data sepenuhnya dilaksanakan kantor,” tukasnya.

 

TEKS / FOTO : ARI  / EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *