BPR Muaraenim Dorong Pembangunan Ekonomi Produktif

TANJUNG ENIM | KSOL – Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim memprioritaskan pembangunan ekonomi produktif.‎ Hal itu disampaikan Camat Lawang Kidul, Drs Rahmat Noviar, MM didampingi Sekcam H Safruddin BBA, saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2017 di Balai Kecamatan setempat, Rabu (22/2/16).

Menurut Rahmat, Ditambahkannya, skala prioritas ekonomi produktif ini dimaksudkan, Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul akan mendahulukan usulan yang memang penting dan bersingungan dengan ekonomi produktif masyarakat. Rahmat mencontohkan pembangunan jalan ke kebun masyarakat dan lainnya. Sedangkan peningkatan SDM menurut Rachmat akan dilakukan pelatihan keterampilan, bantuan bibit bagi petani dan lainnya.

Merespon pernyataan diatas, Trihadi ‎Pranoto Bagian Perekonomian dan SDA Pemkab Muara Enim,‎ mewakili Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar  mengatakan, dalam Musrenbang ini perlu meningkatkan perekonomian rakyat.

Apalagi saat ini Kabupaten Muara Enim sudah memiliki bank sendiri, yakni Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Muara Enim. “Dengan bank ini akan mendukung dibukanya perekonomian masyarakat,” tegasnya.

MUSRENBANG –Suasana Musrenbang 2017 tingkat Kecamatan Lawang Kidul,Kabupaten Muara Enim yang digelar di Balai Kecamatan setempat, Rabu (22/2/16). (FOTO.DOK.KSOL/ALDO)

Sementara dalam pembangunan bukan hanya meningkatkan SDA saja, tetapi meningkatkan kualitas SDM sehingga bisa bekerja secara sinergis. “Apalagi, rencananya Tanjung Enim menjadi Kota Tujuan Wisata. Untuk menunjang itu, tentu dapat harus didukung dengan perekonomian kerakyatan,” tambahnya.‎

Musrenbang Kecamatan Lawang Kidul digelar melibatkan 4 desa dan 3 kelurahan. Pada kesempatan itu, aspirasi dan usulan dari desa dan kelurahan  akan dirangkum dan diajukan ke tingkat kecamatan dan akan bawa ke tingkat kabupaten. “Aspirasi masyarakat dari bawah akan dilihat skala perioritasnya sesuai dengan harapan,” ujar Rachmat.

Musrenbang ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap awal tahun. Tujuannya untuk menampung usulan dan aspirasi masyarakat di setiap kelurahan dan desa di Kecamatan Lawang Kidul.

Rachmat berharap, semua usulan dan aspirasi masyarakat dari tingkat kelurahan dan desa bisa ditampung dan diwujudkan sesuai dengan harapan. “Dengan begitu, semua pembangunan dapat mendorong kesejahteraan masyarakat di desa dan kelurahan,” tegasnya.‎
TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *