Lawang Kidul dan Gelumbang, Jadi Percontohan Pelayanan ‎Perizinan Usaha

TANJUNG ENIM | KSOL — Pohbian, Kasi Evaluasi Data Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Muaraenim mengatakan, masyarakat Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim saat ini patut berbangga.

Sebab menurut Pohbian, saat ini setiap warga tidak akan kesulitan mengurus izin usaha, seperti IMB, SITU, SIUP, TDP, HO dan lainnya. “Bagi warga yang modal usahanya nilainya dibawah Rp 50 juta cukup membuat izin di kantor kecamatan,” ujarnya.

 Lebih lanjut, Pohbian mengatakan program ini dilaksanakan untuk lebih mendekatkan diri pada masyarakat untuk pemberian pelayanan perizinan.

“Nah, untuk saat ini, baru dua kecamatan saja yang memberlakukan program tersebut,  yakni Kecamatan Lawang Kidul dan Kecamatan Gelumbang, dimana kedua kecamatan ini sebagai percontohan. Harapan kita, masyarakat dapat lebih mudah dalam mengurus perizinan. Semua bisa dilakukan dikecamatan,” tegasnya.

Terkait dengan hal itu, menurut Pohbian pihaknya menyerahkan alat ke kecamatan untuk mendukung pelayanan perizinan sampai ke tingkat kecamatan. “Data di kecamatan akan di share (kirim) ke kantor Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Lawang Kidul, Drs H Safranudin BBA mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya program ini. Dengan begitu, pelayanan perizinan pada masyarakat dapat lebih dekat.

“Mudah-mudahan dengan program ini akan lebih dekat lagi dan bisa mempermudah akses masyarakat dalam mengurus soal perizinan,” ujarnya.

Disingung kesiapan SDM di Kecamatan Lawang Kidul, Safranudin mengatakan pihaknya sudah menyiapkan dua orang tenaga operator. “Dua orang itu tinggal ditraining lagi dalam prosesnya nanti.

Diharapkan, dengan menyiapkan 2 orang ini nantinya tidak mengalami kesulitan. Dari Kecamatan Lawang Kidul yang akan meneruskan perizinan di Kabupaten Muara Enim. “Pastinya setiap usaha dibuat perizinan karena untuk kepentingan sendiri dan menambah pendapatan daerah,” pungkasnya.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR : T PAMUNGKAS



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *