7 Puskesmas di Muaraenim Diakreditasi, Maisaroh : Tugas Puskesmas Bukan di Gedung Saja

TANJUNG ENIM | KSOL – Kepala Puskesmas Tanjung Enim, dr Hj Siti Maisaroh mengatakan untuk menjalankan tugas pelayanan, Puskesmas tidak bisa bekerja sendiri, tetapi harus melibatkan semua sektor. “Apalagi tugas Puskesma bukan hanya di dalam gedung saja, tetapi juga di luar dan  harus menjangkau semua sektor,” tegasnya.

Hal itu dikatakan Maisaroh terkait dengan penggalan berbagai pihak untuk mendukung proses akreditasi 2017 Puskesmas Tanjung Enim. Acara ‎yang dihelat di Gedung Aula Kecamatan Lawang Kidul, itu ‎dihadiri Kepala Dinas

Kesehatan Muara Enim dr Yan Riadi MARS, Camat Lawang Kidul Drs Rachmat Noviar M.Si, Unsur tripika dan pihak terkait lainnya.

 PRESENTASI -- Kepala Puskesmas Tanjung Enim dr Hj Siti Maisaroh (berdiri) saat memberikan presentasi‎ di hadapan lintas sektor yang hadir di Tanjung Enim (FOTO.DOK.KSOL/ALDO)


PRESENTASI — Kepala Puskesmas Tanjung Enim dr Hj Siti Maisaroh (berdiri) saat memberikan presentasi‎ di hadapan lintas sektor yang hadir di Tanjung Enim (FOTO.DOK.KSOL/ALDO)

Lebih lanjut Maisaroh menjelaskan, akreditasi yang akan didapat Puskesmas ini merupakan wujud kerja nyata dari puskesmas. “Oleh sebab itu, untuk mengetahui dukungan, beberapa kegiatan butuh dukungan dari kecamatan. Bila perlu sampai ke tingkat desa dan pihak-pihak lainnya,” ujarnya.

Menurut Maisaroh, pemberian akreditasi ini menandakan mutu pelayanan sudah baik. Diakreditasi artinya, ada kreteria standar SOP dan mutu pelayanan baik. “Namun akreditasi ini ada tingkatan akreditasinya, yakni, akreditasi dasar, madya, utama dan paripurna,” tambahnya.

Berdasarkan aturan semua unit pelayanan kesehatan harus terakreditasi, termasuk klinik-klinik fasilitas kesehatan. Dalam proses ini di tahun 2017 puskesmas Tanjung Enim bisa terakreditasi.

“Soal akreditasi apa yang akan didapat Itu tergantung dari penilaian. Kalau target kita bisa terakreditasi paripurna,” tutupnya.

Sementara itu, dr H Yan Riadi MARS, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim mengatakan, tujuan dari kegiatan yang diselenggarakan Puskesmas Lanjung Enim, untuk minta dukungan lintas sektor. “Pertama karena Puskesmas melaksanakan penilaian akreditasi 2017. Disamping itu butuh dukungan dari lintas sector,” ujarnya.

Menurut Yan—panggilan keseharian Yan Riadi – di Muaraenim ada 7 Puskesmas yang dalam proses akreditasi. Diantaranya, Puskesmas Pajar Bulan Semendo Darat Ulu (SDU), Puskesmas Tanjung Enim Lawang Kidul, Puskesmas Kota Muara Enim, Puskesmas Gunung Megang, Puskesmas Lembak, Puskesmas Sukarami dan Puskesmas Gelumbang pada tahun2017.

“Sisanya pada 2018. Akreditasi ini proses penilaian terhadap Puskesmas sesuai standar mutu yang telah ditetapkan Puskesmas. Nantinya berstandar secara nasional. Tujuan akhirnya menjamin pelayanan kesehatan masyarakat. Untuk jumlah Puskesmas di Kabupaten Muara Enim ini ada 21 Puskesmas,” tutupnya.‎

Pada acara itu dukung diwujudkan dengan melakukan penandatangan bersama, baik pemerintah kecamatan, perusahaan, masyarakat terkait dan pihak lainnya.

Penandatanganan ini dihadiri 100 tamu dari berbagai lintas sektor, baik dari unsur pemerintahan, swasta, perusahaan, kader kesehatan, toga, toma, pemuda, termasuk tripika, dan perwakilan DPRD Muaraenim.‎

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR : T PAMUNGKAS



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *