Polisi Sekalipun, Kalau Terima Pungli Atau Suap Tetap di Tindak

EMPAT LAWANG | KSOL – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Empat Lawang benar-benar serius untuk memberantas pungli dan suap di wilayah hukum Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Bahkan, anggota Polres Empat Lawang sekali pun, jika melakukan pungli ataupun menerima suap tetap akan ditindak.

Kompol M Rizky Q (Ketua Satgas Saber Pungli Empat Lawang)

Kompol M Rizky Q (Ketua Satgas Saber Pungli Empat Lawang)

Ketegasan ini disampaikan Ketua Satgas Saber Pungli Empat Lawang M. Rizky Q kepada awak media, belum lama ini, di Mapolres Empat Lawang. “Kita tidak pandang bulu, jika terbukti melakukan pungli, ataupun suap anggota polres sekalipun tetap akan kita tindak,” ujar Rizky baru baru ini.

Untuk hukuman, Rizky yang juga menjabat Wakapolres Empat Lawang menjelaskan, akan disesuaikan dengan pelanggaran berdasarkan pasal yang berlaku. Pihaknya, akan terus berkoordinasi dengan Inspektorat Empat Lawang, untuk mengantisipasi pungli khususnya dilingkungan Pemkab Empat Lawang.

“Saya contohkan jika ada penindakan pelanggaran lalulintas yang dilakukan pihak lantas Polres Empat Lawang. Misalkan damai ditempat, nah itu masuk kategori suap. Contoh lainnya, seperti pembuatan KTP yang diketahui gratis jika oknum Disdukcapil meminta uang itu masuk kategori pungli. Terkhusus untuk kasus suap, semuanya akan kita tindak baik yang menyuap maupun disuap,” ungkapnya.

Untuk kasus suap, kata Rizky, akan dikenakan UU no 11 tahun 1980 tentang tindak pidana suap, dengan hukum penjara selama 3 tahun dan denda sebanyak Rp 15 juta. “Jadi perlu diingat, jika ada kasus suap, keduanya akan kita tindak, siapa pun itu,”tegasnya.

Dalam waktu dekat pengurus Satgas saber pungli Kabupaten Empat Lawang akan dikukuhkan. “InsyaAllah dalam waktu dekat ini pengurusan tim satgas saber pungli akan dikukuhkan,” ujarnya.

Saat disinggung ada atau tidak target tim satgas saber pungli saat ini, Rizky mengaku, jika sampai saat ini, pihaknya masih melakukan sosialisasi. Sampai saat ini baru satu kasus pungli yang berhasil pihaknya amankan. “Baru kasus PLN kemarin yang telah kita amankan karena melakukan pungli, itu laporan dari masyarakat. Jadi kami minta kerjasama masyarakat, jika ada dugaan pungli maupun suap, tolong laporkan ke kami,” tukasnya.

TEKS / FOTO : ARI  |  EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *