Dinkes Empat Lawang Targetkan Seluruh Puskesmas Terakreditasi

EMPAT LAWANG | KSOL – Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang, menggelar kegiatan penggalangan komitmen akreditasi seluruh Pusat Kesahatan Masyarakat (Puskesmas) di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Sebab, pemerintah telah menargetkan seluruh Puskes ditahun 2019 wajib terakreditasi, sebagai syarat menerima dana Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Syahrial Podril (Plt Kadinkes Empat Lawang)

Syahrial Podril (Plt Kadinkes Empat Lawang)

“Aturannya paling lambat 2019 wajib terakreditasi, kalau belum dana JKN tidak bisa kerjasama,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Empat Lawang, Syahrial Podril usai kegiatan penggalangan komitmen akreditasi seluruh Puskesmas di Empat Lawang, diruang pertemuan Dinkes Empat Lawang, kemarin (15/2/2017).

Dijelaskannya, saat ini di Empat Lawang ada 10 Puskesmas, terbagi disetiap wilayah yang ada. Dari 10 puskesmas itu, belum ada yang terakreditasi. Sebab, proses akreditasi bukan proses yang kilat, harus melewati beberapa proses, diantaranya penggalangan komitmen, pelatihan pemahanan standar dan instrumen akreditasi, selasesmen, penyusunan akreditasi, penyusunan dokumen akreditasi, implementasi dokumen akreditasi, preasesmen survey, survey penetapan akreditasi.

“Kegiatan kita ini adalah kegiatan awal, yakni penggalangan komitmen. Ini merupakan kegiatan penting. Sebab, apabila sudah sudah tertanam komitmen yang baik, insyaAllah proses lainnya nanti akan berjalan lancar,” jelasnya.

Selain itu, Syahrial juga mengatakan, sosialisasi mengenai akreditasi ini baru dilakukan di Agustus 2015. Desember 2015 dilakukan sosialisasi di Empat Lawang. Ditahun 2016 baru dilakukan pendampingan puskemas untuk akreditasi. “Di 2015 kita belum ada pendamping. Di 2016 kita baru pendamping. Tim pendamping tidak bisa sembarangan, harus bersertifikat pendamping,” katanya.

Saat ini, di Empat Lawang sudah ada 3 tim pendamping yang berjumlah total 9 orang. “InsyaAllah target 2019 harus terakreditasi semua puskemas itu akan tercapai. Kami optimis untuk pencapain itu, agar dapat melayani masyarakat dengan baik,” tukasnya.

TEKS / FOTO : ARI  |  EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *