2017, Hanya 1 Sekolah di Empat Lawang Bisa Melaksanakan UNBK

EMPAT LAWANG | KSOL – Target pemerintah pusat 80 persen  sekolah melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di setiap Kabupaten dan kota, ternyata belum mampu terealisasi di Empat Lawang. Hal ini terjadi, karena belum siapnya sarana dan prasarana UNBK di sekolah.

Agusni Effendi (Kadisdikbud Empat Lawang)

Agusni Effendi (Kadisdikbud Empat Lawang)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Empat Lawang Agusni Effendi melalui Kabid Kurikulum Jhonson mengatakan, jika ditahun 2017 ini sekolah di Kabupaten Empat Lawang hanya satu yang melaksanakan UNBK yakni SMPN 2 Tebing Tinggi, itu pun baru berstatus rujukan.

“Untuk sarana dan prasarana kita akui belum siap 100 persen. Sebab seperti jaringan listrik dan internet di Kabupaten Empat Lawang ini masih sering mati,” ungkap Jhonson, kemarin (2/2/2017).

SMPN 2 Tebing Tinggi, kata Jhonson, saat penyelanggaraan UNBK nantinya diperbolehkan untuk menumpang di sekolah lain seperti SMAN 1 Tebing Tinggi dan SMKN 1 Empat Lawang.

“Lokasi SMPN 2 Tebing Tinggi kan di jalan poros, nah disana memang jaringan internet masih lemah, ditambah aliran listrik yang sering padam, jadi diperbolehkan jika sekolah tersebut mau menumpang di sekolah lain,” jelasnya.

Disdikbud dan sekolah nantinya akan mencari solusi untuk mencari jalan keluar atas hambatan pelaksanaan UNBK. “Untuk komputer di SMPN 2 Tebing Tinggi sudah ada sekitar 40, dan jauh hari pihak sekolah sudah kita pinta untuk menyosialisasikan penggunaan komputer. Dan sudah berapa kali melakukan simulasi pelaksanaan UNBK,” tukasnya.

TEKS/FOTO : ARI  |  EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *