Donor Darah Menurunkan Resiko Penyakit Jantung, PKB-TEF Kumpulkan 78 Kantong Darah

unduhanTANJUNG ENIM | KSOL – Hj Aini Zahrahayu, SE didampingi, Ketua Panitia aksi sosial Paguyuban Keluarga Besar Tanjung Enim Forum (PKB-TEF) mengatakan, donor darah dapat menurunkan resiko penyakit jantung. “Selain itu dapat membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah,” ujarnya di sela-selat donor darah yang digelar PKB-TEF, belum lama ini (27/1/2-2017).

Lebih lanjut, Aini menyebutkan donor darah juga langkah ampuh dalam menjalani program diet. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori sekitar 650 kalori. “Jumlah kalori cukup untuk mengurangi lingkar pinggang seseorang,” jelasnya.

Berita terkait lainnyo : Donor Darah kurangi Risiko Penyakit Jantung Koroner

Sebab menurut Aini, zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol dan akan terjadi penumpukan pada dinding arteri, yang pada akhirnya akan memperbesar resiko terkena serangan jantung dan stroke.

“Jadi tidak perlu panik juga dengan berkurangnya sel darah merah bila kita mendonorkan darah kita. Sebab sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang,” katanya.

Oleh karena itu, Aini menegaskan donor darah menjadi langkah baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru. “Kita donor darah untuk bebagi sesama saudara yang membutuhkan,” ajak Aini, saat dibincvang kabarsumatera.com belum lama ini.

Pada aksi sosial yang digelar di alun-alun Fasos Bukit Asam (Lapangan Ex Sentral Lama PTBA) Tanjung Enim ini, PKB-TEF berhasil mengumpulkan 78 kantong darah.

“Alhamdulillah, pada aksi sosial donor darah ke-8 ini ada 86 peserta yang mendaftar untuk mendonorkan darahnya. Tapi yang bisa diambil darahnya sebanyak 78 orang. ‎Yang tidak bisa diambil darahnya karena faktor tensi, kadar HB-nya rendah. Jadi petugas transfusi darah tidak menyarankan peserta untuk di ambil darahnya,” ujar Aini.

Suasana Donor Darah yang diselenggarakan PKB-TEF Tanjung Enim (Foto.Dok.KSOL/Aldo)

Suasana Donor Darah yang diselenggarakan PKB-TEF Tanjung Enim (Foto.Dok.KSOL/Aldo)

Namun aksi donor kali itu, Aini mengaku ada penurunan jumlah peserta pendonor. Sebekumnya, PKB-TEF mampu menjaring 150 orang lebih. Penurunan ini menurut Aini karena beberapa pekan terakhir, sudah ada beberapa lembaga lain yang juga menggelar kegiatan serupa.

“Makanya sangat berpengaruh jumlahnya kali ini. Tapi kita tetap bersyukur meskipun cuaca sedikit mendung dan gerimis kecil tapi masih ada masyarakat yang datang untuk mendonorkan darahnya dari kegiatan yang kita gelar,” tambahnya.

Aini menjelaskan, PKB TEF adalah organisasi sosial pemuda/i Tanjung Enim yang beranggotakan lebih dari 60 orang. Lembaga ini sudah beberapa kali melakukan aksi social, baik donor darah dan lainnya.

“Aksi sosial donor darah yang ke 8 yang di adakan oleh PKB-TEF ini merupakan kegiatan rutin setiap per tiga bulan sekali, sekaligus bertepatan dengan peringatan HUT PKB-TEF yang 3 tahun,” ujarnya.

Selain donor darah, lembaga ini juga memberikan bantuan sembako dan peralatan mandi ke Panti Asuhan Darul Yatim di Kelurahan Tanjung Enim dan makanan ringan ke Panti asuhan Tarbiyatur Rohaniyah di Desa Tegalrejo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN | EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *