Daftar Tunggu Haji Empat Lawang Masih 14 Tahun Lagi

EMPAT LAWANG I KSOL – Umat muslim di Empat Lawang yang hendak berangkat haji harus siap-siap menunggu lama. Pasalnya, untuk keberangkatan haji reguler hingga saat ini sudah ada 668 orang masuk daftar tunggu hingga 14 tahun akan datang atau hingga tahun 2030 nanti.

Anas Jauhari (Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Empat Lawang)

Anas Jauhari (Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Empat Lawang)

Apabila ingin lebih cepat, mungkin bisa menggunakan jasa haji plus. Tapi, juga tak bisa menutupi masalah secara keseluruhan. Sebab, untuk berangkat dengn menggunakan haji plus, diperkirakan harus sabar menunggu juga diatas 9 tahun mendatang.  “Iya kalau reguler, daftar sekarang mungkin 14 tahun akan datang berangkatnya. Paling kalau mau cepat dengan haji plus. Itupun harus nunggu diatas 9 tahunan juga,” ujar Kepala Kementrian Agama Empat Lawang, H.Zainuri Mattan melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Anas Jauhari baru baru ini.

14 tahun itu pun, kata Anas, kalau seandainya Pemerintah Republik Indonesia (RI) jadi melakukan penambahan kuota jemaah haji se Indonesia. Yang rencananya mau menambah 10 ribu orang dari kuota normal 211 ribu orang.  “Kuota haji indonesia 211 ribu orang, tapi sejak 2013 hingga 2016, dipangkas menjadi168 ribu orang. Imbasnya untuk Sumsel setahun hanya mendapat jatah 5040 orang, dari Kouta normalnya 6300 orang. Penambahan 10 ribu orang se Indonesia ini tambahan kuota normal. Dengan begini, diprediksi yang mau daftar sekarang, siap-siap tunggu 14 tahun lagi,” jelasnya.

Itupun, diungkapkannya, petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan penambahan itu jugabelum didapat pihaknya. Jadi belum bisa memastikan bagaimana nasib yang masuk daftar tunggu untuk berangkat ditahun berapa. “Kita tidak tahu bagaimana tekhnisnya yang 10 ribu itu, apakah mendahulukan calon jamaah yang lanjut usia (lansia), atau mengambil dari nomor urut selanjutnya. Ada isunya mendahulukan yang belum pernah berhaji. Jadi hingga saat ini belum bisa dipastikan juga,” tutunya.

Sementara itu, Anas menyebutkan, untuk keberangkatan Jamaah haji empat lawang di tahun ini dirinya memprediksi sebanyak 45 orang yang akan berangkat dari Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini. Angka itu meningkat dari tahun 2016 yang hanya memberangkatkan 30 orang saja.  “45 orang itu belum penormalan kuota, kalau memang jadi nanti, bisa jadi mencapai 60 orang jemaah kita yang akan diberangkatkan,” tukasnya.

 

TEKS / FOTO: ARI  / EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *