Februari 2017, RS Pratama Pendopo Mulai Melayani

EMPAT LAWANG | KSOL — Pembangunan gedung Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Pendopo, sudah selesai 100 persen. Rencananya awal Februari 2016 mendatang, akan dilakukan launching secara resmi dan mulai melakukan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang, Syahrial Podril, Kamis (5/1/2017).

“Anggaran untuk RS Pratama sudah ada, insya Allah akan diresmikan Februari mendatang,” ungkap Syahrial Podril, kemarin.

Ia menjelaskan, setidaknya membutuhkan Dua orang Dokter, Lima Bidan, 10 Perawat, Satu Apoteker dan Satu petugas Laboratorium. “Semuanya itu akan diisi oleh PNS, Rekap keperluannya sudah ada dan segera diajukan ke Plt Bupati Empat Lawang untuk disetujui,” jelasnya.

Sedangkan untuk alat kesehatan (Alkes), sudah tersedia dan siap digunakan. Meskipun belum 100 persen, namun setidaknya sudah bisa melayani masyarakat. “Kekurangannya akan dilengkapi secara bertahap, termasuk tenaga SDM nya. Sedangkan untuk TKS, akan disesuaikan dengan kebutuhan, termasuk keperluan Satoan dan tenaga lainnya,” imbuhnya.

Sementara untuk kafasitas jumlah kamar pasien rawat inap, Syahrial Podril mengatakan, hanya mencukupi untuk 10 orang pasien. “Jumlah ini disesuaikan dengan ketersediaan tenaga medis. Jika dokter dan tenaga medis lainnya bertambah, maka daya tampung pasien rawat inap bisa lebih banyak lagi,” tukasnya.

TEKS : ARI  I  EDITOR : SAUKANI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *