Lagi, Linggau Bakal Punya Masjid Megah

LUBUKLINGGAU | KSOL  — Setelah berdirinya masjid Agung As-Salam Lubuklinggau, Wali Kota Lubuklinggau , H SN Prana Putra Sohe berencana akan membangun masjid pencakar langit  pada 2017 mendatang.

Masjid pencakar langit ini rencananya dibangun dipuncak bangunan pasar Linggau Trade Center (LTC) atau saat ini Pasar Inpres Kota Lubuklinggau.

“Ini akan menjadi masjid tertinggi, masjid ini akan kita bangun digedung paling atas bangunan pasar nantinya berbentuk kubah tanpa dinding beton,”ungkap Nanan sapan H SN Prana Putra Sohe.

Lebih lanjut dia menjelaskan, masjid tersebut dibangun di lantai enam bangunan pasar yang akan dibuat lima lantai, artinya dibangunan paling atas akan dibangun masjid berbentuk Kubah dilengkapi dengan ornamen seperti masjid kubah.

“Nanti masjidnya dilantai enam, jadi dilantai paling atas kita buat kubah besar, dinding-dindingnya kita pasang pagar dengan berbentuk mirip yang ada di masjid Kubah,” kata Nanan.

Pembangunannya sendiri baru akan dimulai setelah Pemerintah Kota Lubuklinggau memulai revitalisasi pasar inpres menjadi LTC dengan total dana lebih dari Rp 200 miliar.

“Dana nya kita pinjam ke PT SMI sebesar Rp 227 miliar.  Insyallah 2017 sudah rampung proses administrasinya, sekarang mereka baru selesai melakukan studi terhadap pengajuan kita, karena memang mau minjam ke SMI itu sulit dan lama prosesnya,”terangnya.

Masih terangnya, setelah pinjaman dengan PT SMI tersebut dicairkan maka pihaknya akan segera membangun pasar dan masjid pencakar langit tersebut. kemudian secara bertahap akan membayar pinjaman tersebut menggunakan APBD Kota Lubuklinggau.

“Pinjaman di PT SMI ini bunganya kecil, dibawah bunga pinjaman ke bank dan dibawah bunga pinjaman bank ke BI, bunga nya cuman 6 persen, kalu bank kan 12 persen dan dari BI sendiri 8 persen, nah kita 2 persen dibawah bunga BI,” tambah Nanan.

Masih tambah Nanan, dana pinjaman tersebut nantinya digunakan untuk menyulap pasar inpres yang saat ini sudah nyaris roboh menjadi pasar pusat groris atau Linggau Trade Center, kemudian dibagian atas dibangun masjid.

“Doakan saja bisa terealisasi, jadi warga kita akan bangga memiliki masjid paling tinggi, dari kejauhan sudah akan kelihatan masjid ini karena letaknya paling tinggi,” pungkasnya.

TEKS : T PAMU NGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *