Lakukan Perbaikan Layanan, RSUD HM Rabain Menuju Akreaditas Paripurna

MUARA ENIM | KSOL – Guna memenuhi standar untuk meraih Akreditasi Paripurna, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr HM Rabain Muara Enim terus melakukan perbaikan mutu dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD HM Rabain Muara Enim dr H Swandi Safitrah SpA saat‎ kegiatan Pertemuan Koordinasi dengan Customer atau masyarakat di Ruang Rapat RSUD HM Rabain, Kamis (22/12/16).

‎terkait hal itu, RSUD HM Rabain Muara Enim saat ini memperbaiki dan melengkapi alat kesehatan, agar bisa memenuhi standar dalam pelayanan bagi masyarakat.

“Ya mudah-mudahan RSUD HM Rabain dapat meraih Akreditasi Paripurna, yang penilaiannya akan dilakukan dalam waktu dekat ini.  Untuk itulah adanya perubahan-perubahan dalam penataan di RSUD HM Rabain ini dapat dimaklumi oleh masyarakat,”ujarnya.

RSUD HM Rabain Menuju Akreaditas Paripurna

RSUD HM Rabain Menuju Akreaditas Paripurna

Dikatakan, Akreditasi Paripurna merupakan salah satu syarat untuk meningkatkan tipe rumah sakit. Saat ini RSUD HM Rabain Muara Enim masih berstatus tipe C plus menuju Tipe B.

Untuk menuju peningkatan tipe ini, rumah sakit terlebih dahulu harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Oleh karenya, RSUD HM Rabain Muara Enim berupaya untuk memenuhi syarat untuk peningkatan tipe ini.

Syarat untuk meningkatkan tipe ke B, diantaranya, jumlah dan jenis spesialis atau tenaga SDM sudah cukup dipenuhi. Kedua, jenis peralatan seperti CT scan, jumlah tempat tidur rawat inap dan lainnya harus dipenuhi. Ketiga, rumah sakit harus terakreditasi, dimana akreditasi inilah yang sedang diupayakan.

“Untuk SDM dan peralatan sarana dan prasarana sudah lumayan terpenuhi. Tinggal lagi akreditasi ini yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Swandi menambahkan, untuk upaya yang dilakukan rumah sakit untuk meningkatkan tipe ini, diharapkan  masyarakat dapat mendukung dalam segala hal. Seperti, saat ini RSUD HM Rabain sudah memindahkan rawat jalan atau poliklinik pelayanan ke ruangan di satu lantai dan tidak lagi bercampur dalam satu lantai itu ada rawat inap, melakukan peningkatan pelayanan kesehatan.

“Kita berharap RSUD HM Rabain Muara Enim dapat meraih akreditasi paripurna penilaian tertinggi ini dengan seksama sesuai dengan harapan kita agar RSUD HM Rabain meningkatkan tipe menjadi tipe B,” harapnya.

Sejauh ini, Kata Swandi, RSUD HM Rabain memiliki visi menjadi RS yang mandiri dengan pelayanan prima. Sedangkan, visi dan misinya mewujudkan SDM yang profesional, mengembangkan kerja sama kemitraan dengan pihak ketiga. Mewujudkan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar mutu, berorentasi ke pelanggan dan berwawasan lingkungan.

Oleh sebab itu RSUD HM Rabain Muara Enim, senantiasa ingin memberikan pelayanan secara profesional sesuai standar mutu dan hak azasi dan membangun prinsip kebersamaan dalam menjalankan pelayanan, serta menjaga nama baik dan rahasia rumah sakit dalam segala tindakan.

TEKS / FOTO : HENDO ALDO IRAWAN | EDITOR : SUMARMAN




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *