21 Desember 40 Kades Terpilih se-Empat Lawang Dilantik

EMPAT LAWANG | KSOL  — Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) gelombang kedua sudah hampir rampung. Kini tinggal menunggu babak pelantikan 40 kades terpilih di 14 November kemarin. Rencananya, pelantikan tidak lama lagi, di Desember tahun ini.

“Iya dalam waktu dekat akan kita adakan pelantikan Kades. Kita rencanakan di 21 Desember ini,” ujar Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah.

Dijelakannya, sebanyak 40 Kades terpilih akan dilakukan pelantikan secara serentak. “Iya pelantikan kita lakukan serentak. Biar lebih efisien baik anggaran maupun waktunya,” terangnya.

Kepala BPMPD Empat Lawang, Al Humaidy Saman mengatakan, dalam mempersiapkan pelantikan ini, pihak BPMPD sudah mengundang para Kades terpilih untuk menjelaskan persiapan apasaja yang perlu dipersiapkan, mulai dari pakaian yang perlu dipakai oleh 40 kades terpilih itu.

“Pelantikan ini yang diperlukan pertama masalah Atribut mulai dari sepatu putih, Sepan Putih, Baju Kemeja Putih dan dasi hitam, pokoknya menggunakan Pakaian Dinas Uapacara Besar (PDUB),” tutur dia.

Dijelaskannya lagi, Kades terpilih yang akan segera dilantik ini, dipersilahkan untuk membawa pendamping, entah itu anggota keluarga ataupun masyarakat, tapi maksimal 30 orang. “Masing-masing calon Kades terpilih boleh membawa anggota keluarga atau masyarakatnya Maksimal 30 orang yang bisa masuk kedalam gedung, karena itu sesuai dengan undangannya, makanya pas Pelantikan nanti undangan itu harus dibawa, karena yang bawa undangan itulah yang bisa masuk,” jelasnya.

Dia juga menambahakan bahwa pelantikan Calon Kepala Desa terpilih ini akan dilantik langsung oleh Plt Bupati Empat Lawang secara serentak pada tanggal 21 Desember 2016 di gedung serba guna Pemkab Empat Lawang. “Pelantikan itu sudah dikoordinasikan dengan Pak Bupati yaitu tanggal 21 Desember, dan 40 calon Kades terpilih ini akan dilantik langsung oleh Pak Bupati secara serentak,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Empat Lawang, Makmun menuturkan, pelantikan tahapan Pilkades tahapan II tetap harus dijalankan. Termasuk pelantikan Kades terpilih ini, meskipun ada sanggahan ataupun tuntutan dari pihak warga atau Calon Kades lainnya tentang pelaksanaan pilkades kemarin, pelantikan akan tetap dilaksanakan.

“Sanggahan atau tuntutan tetap berjalan, kalaupun ada yang ditetapkan bersalah berdasarkan hukum, maka kades tersebut akan menjalani proses hukumnya. Tahapan pilkades, termasuk pelantikan harus tetap dilaksanakan,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI | EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *