Investasi Hampir Rp 1 T, Lippo Akan Rekrut 1000 Tenaga Kerja

 LUBUKLINGGAU | KSOL — Lippo Plaza Lubuklinggau yang akan mulai beroperasi hari ini (26/11) menjanjikan akan membuka 1000 tenaga kerja untuk bekerja jika perusahaan ini sudah beroperasi secara keseluruhan,dengan investasi sementara Rp 750 miliar belum ditambah investasi RS Siloam.

Kehadiran Lippo  Plaza Lubuklinggau memang terdapat respon pro dan kontra di masyarakat, terutama penolakan dari kalangan aktivis pemuda, sementara masyarakat lainnya sangat menerima.

Pihak Lippo Plaza baru mengoperasikan Matahari Departemen Store dan Hypermart dan beberapa tenor lainnya, adapun tenaga kerja yang telah diserap lebih kurang 500 orang.

“Dari 500 tenaga kerja yang sudah kami serap 75 persen adalah penduduk lokal, hampir 2 x lipat dari ketentuan yang diminta pemerintah daerah,”ungkap Head Of Corporate Communictions PT Lippo Karawaci, Danang Kemayan Jati saat press confrence kemarin (25/11).

Diterangkanya, tenaga kerja yang akan direkrut Lippo kedepannya adalah  1000 orang jika seluruhnya beroperasi,sementara waktu baru 500 tenaga kerja yang diserap mengingat belum semuanya dioperasikan yakni Cinemaxx dan RS Siloam.

“Nanti 1000 orang terserap disini, karena lebih enak dan kami mengutamakan pekerja lokal lebih banyak,‎sebab merekrut tenaga kerja dari luar itu malah lebih sulit, yang enak itu tenaga kerja lokal, jadi mereka tidak perlu ngekos lagi,”tegasnya.

Dijelaskanya, penyerapan tenaga kerja pihaknya membantu sudah hampir 500 orang direkrut, 75 persen orang lokal, 10-15 persen masih dari luar, suatu saat penduduk lokal bisa juga pindah tugaskan kedaerah lain jika mendapat promosi untuk melatih di daerah lain.

“Kalau bisa kita akan merekrut jabatan tertinggi dari Lubuklinggau, dia bisa melatih ke mall dan kota kabupaten lain, “‎janjinya.

Sedangkan, Danny Kojongian Director Of Publik Relation & Communication Hypermart menjelaskan bahwa hypermart di Lubuklinggau merupakan gerai  ke 116 dan  sudah mengusung konsep terbaru yakni Generasi ke-7 (G7). bentuk tata letaknya penataan barang sudah mencerminkan hypermart generasi terakhir berbeda dengan hypermart di kota lain.

“Hypermart konsep di Jakarta kami juga membawanya ke Lubuklingau, agar bisa menikmati standar hypermart yang paling baru, gerai ke -116 ini khususnya di Sumatera gerai ke-21 dan ini menunjukan bahwa komitmen kami untuk tetap terus ekspnsi meskipun dalam kondisi perekonomian belum lancar di kota besar dan kota  secondary juga menjadi fokus perusahaan,”jelasnya.

Dia menegaskan tenaga kerja Hypermart hampir 90 persen tenga kerja lokal Lubuklinggau dan telah diberikan pelatihan khusus sebelum pengoperasian. Hypermart sendiri berinvestasi rp 20-25 Miliar di Lubuklinggau.

Sedangkan, Direktur Matahari Departemen Store, Sunny Setiawan, mengatakan masyarakat harus bangga dengan adanya Lippo Plaza,kehadiran matahari di Lubuklinggau yang merupakan  gerai 145 ‎diharapkan  bisa menambah kebutuhan fashion di Lubuklinggau.

“Pembukaan hanya untuk 300 customer pertama kami menyediakan 300 ribu voucher,masih banyak promosi lainnya setelah buka, seperti buy 1 get 2, kemudian discount sampai 70 persen,”ujarny.

Soal tenaga kerja, dia menerangkan‎ Matahari departemenstore lebih mengutamakan orang lokal, namun untuk memperkuat operasional dibawa pekerja dari luar sebagai tenaga bantu, setelah lokal siap operasional maka tenaga yang diperbantukan akan ditarik kembali, sehinga tenaga kerja lokal hampir 90 persen.

TEKS : MUHAMMAD IMRON




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *