Jalan Provinsi Putus, 3 Kecamatan di Semende Terisolir

Andi, salah satu pengguna jalan saat dimintai komentarnya

Andi, salah satu pengguna jalan saat dimintai komentarnya

MUARA ENIM | KSOL – Curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan jalan provinsi yang menghubungkan Provinsi Sumatera Selatan dengan Bengkulu putus total. Hal ini dapat terlihat di Kecamatan Semende Kabupaten Muara Enim. Akibatnya 3 Kecamatan di Semende terisolir.

Berdasarkan pantauan di lapangan sedikitnya terdapat 3 titik longsor yang menimpa jalan propinsi tersebut, yakni di Dusun Talang Keli, Desa Karya Nyata dan Desa Muara Danau jalur menuju Kabupaten Lahat dan Pagar Alam.

Badan jalan yang longsor rata-rata panjangnya 50 meter dengan kedalaman hingga 20 meter. Saat ini arus lalu lintas baik dari arah Muara Enim menuju Pulau Panggung Semende maupun dari arah Kabupaten Lahat menuju Pulau Panggung benar-benar putus total dan tidak bisa dilalui baik menggunakan kendaraan roda dua (motor,red) maupun roda empat (mobil,red). Untuk mengangkut barang-barang maupun orang, masyarakat terpaksa estafet dengan berjalan kaki menyusuri lokasi longsor.

Sugeng, salah seorang pekerja bronjong mengatakan kejadian longsor diakibatkan saluran air tidak berfungsi hingga tumpah ke badan jalan dan mengalir ke bronjong yang sedang dikerjakan.

Bentuk imbauan warga kepada para pengguna jalan untuk tidak melintas karena tanah lonsgor

Pamlet berisi imbauan warga kepada para pengguna jalan untuk tidak melintas karena tanah lonsgor

Senada dengan itu, Andi, salah seorang pengendara yang melintas mengharapkan kepada pemerintah agar segera menangatasi persoalan ini, sebab masyarakat khususnya para pengguna jalan merasa was-was saat melintas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaaan Umum Bina Marga (PU BM) Kabupaten Muara Enim Ir H Ahmad Yani, saat dikonfirmasi melalui via telepon mengatakan peristiwa jalan longsor sudah dilaporkan ke Dinas PU Bina Marga Propinsi Sumsel.

Ahmad Yani berharap pihak terkait segera mendatangkan alat berat guna membuka kembali akses jalan yang putus tersebut. Yani juga mengaku, pihaknya sudah mendatangkan alat berat dibantu dari beberapa perusahaan setempat seperti PTBA dan PT Pama.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM I EDITOR : T PAMUNGKAS



Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com