Tidak Sia-Sia Perjuangan Orang Tua, 1.425 Mahasiswa UIN RF Diwisuda

 

PALEMBANG I KSOL –– Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang resmi melantik dan melepas sebanyak 1.425 orang sarjana periode Februari sampai Nopember 2016 di Akademik Center perguruan tinggi itu di Palembang, Sabtu.

Sementara, untuk mengantisipasi kelebihan kapasitas Akademik Center, pelepasan wisudawan dan wisudawati dibagi dua sesi, pagi dan siang hari, kata Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, M. Sirozi ketika mewisuda dan melepas para sarjana baru itu.

Dijelaskannya, perjuangan pertama yang mengantarkan mahasiswa hingga di wisuda itu ialah orangtuanya.

Menurut dia, tidak sia-sia perjuangan orangtua selama ini banting-tulang mencari rezeki untuk menyekolahkan putra-putrinya di perguruan tinggi.

Oleh karena itu, ia berharap, para sarjana yang telah diwisuda untuk tidak berhenti menuntut ilmu sehingga bisa melanjutkan pendidikan pada jenjang program pascasarjana baik di UIN Raden Fatah maupun di universitas luar, bahkan baik lagi jika sampai kuliah ke Luar Negeri.

Selain itu, kata dia, semoga para sarjana yang resmi diwisuda dapat menerapkan ilmu dalam bidang yang didapatkan selama perkuliahan kepada masyarakat luas nantinya, entah baik bisnis dengan bisnisnya, keguruan dengan pengajarannya, maupun dakwah dengan dakwahnya.

Selanjutnya berdasarkan data, jumlah mahasiswa yang diwisuda dari Fakultas Syariah dan Hukum (S-1) sebanyak 161 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (S-1) 405 orang, Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam (S-1) 123 orang, Fakultas Adab dan Humaniora (S-1) 72 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (S-1) 192 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (D3 dan S1) 362 orang, Program Pascasarjana (S-2) 107 orang, Program Pascasarjana (S-3) ada 3 orang.

Berikutnya pada Strata 1 Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi Universitas diraih oleh Nina Wati Jurusan Manajemen Pendidikan Islam dengan nilai 3,98 dan lulusan terbaik diraih Hairul Candra Jurusan D3 Perbankan Syariah dengan IPK 3,96.

Sementara pada program Pascasarjana Strata 2, lulusan terbaik diraih Abdul Malik Jurusan Hukum Tata Negara dengan IPK 3,94 serta Pascasarjana Strata 3, lulusan terbaik diraih Mardiah Astuti jurusan Pendidikan Agama Islam 3,45.

TEKS / FOTO : ANTARASUMSEL.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *