Sudah 3 Tahun Selesai, GI di Empat Lawang Belum Difungsikan

EMPAT LAWANG | KSOL — Permasalahan byarpet listrik di Empat Lawang belum menemui solusi, karena hingga saat ini Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini masih mengharapkan aliran listrik dari kabupaten Tetangga seperti Lahat dan Musirawas.

Manager PT PLN Area Lahat, Riswandi mengatakan, Gardu Induk (GI) yang berada dikawasan Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi sudah tiga tahun selesai, namun belum difungsikan, lantaran ada masalah pembebasan lahan.

“Gardu induk sudah tiga tahun selesai tapi belum difungsikan karena ada kendala pembebasan lahan tapak tower sutet dari arah Lubuklinggau,” kata Riswandi pada saat menyampaikan sambutannya disosialisasi hukum dan kelistrikan di kantor Camat Tebing Tinggi, kemarin (27/10/2016).

Menurutnya, apabila GI tersebut sudah dapat difungsikan, maka tidak ada lagi kendala listrik mati di Kabupaten Empat Lawang ini. “Ya kalau memang sudah difungsikan khususnya untuk dikecamatan Tebing Tinggi tidak ada kendala lagi masalah listrik ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Empat Lawang, Azwar Z Hakim mengungkapkan, bahwa maksud dan tujuan soialisasi hukum dan kelisttikan ini, supaya yang hadir disini bisa diteruskan kepelanggan yang lainnya, terutama yang menunggak pembayaran listrik. “Karena sesuai dengan Data yang kita dapat itu ada 1800 yang melakukan penunggakan listrik,” ungkap Azwar.

Kalau para pelanggan listrik tersebut bisa menerima aliran listrik, itu dikarenakan sudah sesuai dengan perjanjian ketika hendak melakukan pemasangan listrik.”Jangan hanya bisanya menuntut hak saja, tapi kita juga harus tahu kewajipan yaitu dengan membayar tunggakan listrik ini, dan kami bisa gugat secara perdata karena ini adalah hutang dengan Negara,”tukasnya.

TEKS/FOTO : SAUKANI | EDITOR : IMRON SUPRIYADI



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *