Mau Dapat TPG, Guru Wajib ke Sekolah 8 Jam Sehari!

Kadisdik Empat Lawang, Agusni Effendi

Kadisdik Empat Lawang, Agusni Effendi

EMPAT LAWANG | KSOL — Kementerian Pendidikan akan merevisi aturan kewajiban tatap muka minimal 24 jam per minggu bagi guru, sebagai syarat pencairan tunjangan profesi guru (TPG). Syarat pencairan akan diganti, dengan kewajiban guru berada di sekolah selama 8 jam sehari atau 40 jam untuk lima hari kerja dalam seminggu.

Aturan tersebut sudah tertuang dalam pasal 35 ayat (1) UU Nomor 14 tentang guru dan dosen. Dipasal tersebut ada lima tentang tugas guru, yaitu merencanakan, melaksanakan (mengajar), menilai, membimbing dan tugas tambahan lainnya. Sementara pada ayat (2) di sebutkan bahwa beban kerja tersebut adalah 24 jam minimal dan maksimal 40 jam tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan Empat Lawang, Agusni Efendi sangat mendukung dengan wacana yang sudah di revisi oleh Kemendikbud, terkait aturan berisi tentang kewajiban tatap muka guru minimal 40 jam perminggu di sekolah.

Selama ini, kata Agusni, untuk memenuhi tatap muka tersebut, beberapa guru mencari (mengajar) sampai ke sekolah lain, dan ternyata dampaknya, guru hanya disibukan dengan mengejar-ngejar pemenuhan tatap muka dan hanya mengejar jam 24 jam saja, demi syarat tercapainya Tunjangan Profesi Guru.

Lebih lanjut, Agusni menegaskan, dengan diberlakukannya peraturan ini guru tidak perlu pergi kemana-mana, mengejar 24 jam kerja, tapi cukup di sekolah dan focus mengajar siswa full selama 8 jam sehari. “Pola 8 jam kerja ini sangat cocok untuk pelaksanaan revolusi pendidikan karakter terhadap siswa di sekolah, yang di harapkan kedepannya kinerja guru akan lebih optimal lagi, dan pembentukan karakter di sekolah tercapai,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI | EDITOR : IMRON SUPRIYADI  |  ILUSTRASI FOTO : METRONEWS.COM



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *