Meresahkan Warga Muara Enim, 8 Orang Gila Dijaring Petugas

Hendra, Ketua Penertiban Satpol PP Muaraenim

Hendra, Ketua Penertiban Satpol PP Muaraenim

MUARA ENIM  |  KSOL – Dianggap meresahkan warga, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Muara Enim melakukan penertiban terhadap orang gila yang berkeliaran di sekitar Pasar. Diantaranya ada di persembunyian dan di rumah kosong, seperti di rumah dinas pejabat pemda, dekat Jembatan Enim dan di jalan-jalan.

Dari razia tersebut mengamankan 8 orang untuk dilakukan pendataan dan pembinaan di Dinas Sosial.‎ Razia ini sebagai respon Pemeritah Kabupaten Muara Enim atas keresahan warga terhadap maraknya orang yang terganggu jiwanya. Mereka tidak jarang mengancam keamanan dan kenyamaan kota. “Bahkan mereka terkadang bisa membahayakan,” ujar Kepala Satpol PP, Riswandar melalui Hendra, ketua penertiban.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Muara Enim, Rasdianto saat dikonfirmasi mengatakan, para orang gila dan orang terlantar yang dibawa ke Dinas Sosial akan dilakukan pendataan.

img_20161023_214033

Suasana penangkapan orang gila dari dalam rumah dinas kosong di kota Muara Enim

Dikatanya, jika orang tersebut memang warga Muara Enim, pihaknya akan memanggil keluarganya. “Kita akan tanya mereka, apakah akan diurus sendiri atau diserahkan. Namun jika dia warga luar Muara Enim akan dilakukan koordinasi untuk dibawa ke panti di Inderalaya atau Rumah Sakit Ernaldi Bahar Kota Palembang,” ujarnya.

Sebelumnya Satpol PP telah memberikan imbauan kepada para camat, lurah, hingga ke RT-RT dan kepala desa untuk memberi informasi ke Pol PP jika melihat masih ada orang gila atau yang terlantar yang berkeliaran.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM | EDITOR : IMRON SUPRIYADI



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *