PT PLN Bangun Lima Gardu Pasok Listrik untuk Asian Games 2018

PALEMBANG  | KSOL — Guna memenuhi kebutuhan listrik pada pelaksanaan Asian Games 2018 untuk wilayah Palembang, khususnya di komplek Jakabaring Sport City (JSC), PT PLN kini tengah membangun lima gardu induk (GI).

“Untuk kebutuhan listrik saat Asian Games mendatang,  khususnya ketersediaan listrik di kawasan Jakabaring Sport City dan sekitarnya dipastikan sudah lebih dari cukup. Khusus untuk Kota Palembang saat ini tengah dibangun lima gardu induk baru berkapasitas 60 MVA,” kata General Manager PT PLN (Persero) Wilayah SumSelatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB) Budi Pangestu pada peringatan hari listrik nasional, Ahad (23/10).

Menurut Budi Pangestu dari lima gardu yang dibangun BUMN tersebut, dua diantaranya yaitu GI Jakabaring dan GI Kenten sudah selesai pembangunannya. “Saat ini untuk kebutuhan listrik di Jakabaring kita masih mensuplai dari jarak yang cukup jauh yaitu dari GI Sungai Kedukan dan Bungaran,” ujarnya.

General Manager PT PLN Budi Pangestu menjelaskan, dari sisi pembangkit untuk wilayah Sumsel sudah relatif cukup dan memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga ke pelosok desa. Menurutnya, PLN kini tengah berupaya bagaimana listrik yang sudah cukup ini dapat disalurkan hingga ke seluruh pelosok desa di Sumsel. “Salah satu kendalanya adalah jarak transmisi yang panjang, bahkan ada jarak yang mencapai hingga dua kilometer,” katanya.

Sementara itu menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman, pemerintah rrovinsi iap mendukung PT PLN dalam pembangunan kelistrikan di daerah ini, pembangunan pembangkit, transmisi, saluran udara tegangan tinggi (SUTT) dan pembangunan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET).

“Juga peran serta masyarakat sangat diperlukan, seperti untuk pembangunan SUTT di Jakabaring atau dimanapun, masyarakat tidak meminta pembebasan lahan yang terlalu melambung, ini bagian dari wujud peran serta masyarakat,” katanya.

Menurut Mukti Sulaiman, pembangunan kelistrikan di Sumsel selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari perkotaan sampai pelosok desa, juga dibutuhkan untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang di Palembang.

TEKS/FOTO : REPUBLIKA.CO.ID




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *