Wilayah Indonesia Mayoritas Pedesaan, KASAD : Program TMMD Masih Diperlukan ‎

MUARA ENIM I KSOL – Pangdam II Sriwijaya Mayjend TNI Sudirman SH, MM menegaskan program TMMD kini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) masih sangat di butuhkan. Sebab menurut Pangdam sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perdesaan.

“Sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah di pedesaan masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor undang-undang,” ujar Pangdam saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, saat menutup upacara TMMD ke-97 TA 2016 KODIM 0404/Muara Enim di lapangan Desa Muara Harapan, Kecamatan Kota Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, belum lama ini (19/10/2016).

Sejumlah kegaiatan TMMD

Sejumlah kegaiatan TMMD (Foto.Dok. Kodam II Sriwijaya)

Pangdam juga menjelaskan, program TMMD telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi program AMD yang telah berlangsung lebih dari 35 tahun, kemudian diubah menjadi TMMD.

Dijelaskan, TMMD ke-97 ini telah menyelesaikan sebanyak 165 sasaran fisik, berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia.

Diantaranya pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, pembuatan jalan makadam, rabat jalan, peningkatan jalan, betonisasi jalan, semenisasi serta penimbunan, pelebaran dan pengerasan jalan. Kemudian di lanjut pembuatan dan rehap jembatan, pembuatan tanggul dan gorong-gorong,pembangunan halte,pembuatan pos kamling,sarana olahraga, serta renovasi dan pembangunan rumah ibadah serta sekolah dan lain sebagainya.

“TMMD pun menyelesaikan sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang bela negara dan ketahanan nasional. Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka memelihara dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa,”ujarnya.

Sejumlah kegaiatan TMMD

Sejumlah kegaiatan TMMD (Foto.Dok. Kodam II Sriwijaya)

Menjelaskan Pogram TMMD di Kabupaten Muara Enim, Pangdam mengatakan, telah berjalan lebih kurang satu bulan. Terhitung sejak 20 September 2016, para prajurit TNI, pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat telah bekerjasama menyelesaikan program TMMD ke-97.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan, diantaranya memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemerintah daerah yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan bersama.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim akan selalu mendukung setiap kegiatan yang pro rakyat seperti halnya TMMD. Apalagi kegiatan TMMD sejalan dengan program pengembangan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Tentu program TNI TMMD ini sangat bermanfaat dan di butuhkan masyarakat, seperti halnya pembangunan infrastruktur. Nah, Jika semua program dikerjasamakan dan dijalankan dengan baik, maka akan berjalan program perekonomian rakyat,” ujarnya.

‎Turut mendampingi di acara tersebut Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Jamaludin, Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan SIK MSI,Kajari Adhyaksa Darma Yuliano SH MH serta FKPD, dinas/instansi di Kabupaten Muara Enim, tokoh masyarakat, agama dan pemuda, organisasi kemasyarakata di Muaraenimt, segenap prajurit TNI/Polri, Satpol PP dan tamu undangan lainnya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM I EDITOR : IMRON SUPRIYADI



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *