Pejabat Eselon II Tak Perlu Takut Lagi Ada Mutasi Jabatan

EMPAT LAWANG | KSOL — Hasil tes ujikompentensi, tes kesehatan dan tes narkoba dalam lelang jabatan pejabat esselon II tahapan yang kedua yang dilakukan Kamis (6/10/2016) lalu dan diikuti sebanyak 18 orang Pejabat esselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang sudah ada.

Akan tetapi, hasil tes tersebut tidak bisa dipublikasikan, karena itu sifatnya rahasia. “Sudah kita terima, hasilnya itu tidak bisa kita umumkan. Itu rahasia,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, Edison Jaya, baru-baru ini.

Sedangkan, untuk pelantikan sendiri, pria yang juga menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ini menuturkan, belum bisa segera dilakukan. Karena, masih menunggu nomenklatur selesai. “Nomenklatur sedang dievaluasi di provinsi, kalau selesai bisa di jalankan tahapannya,” kata Edison.

Ada kemungkinan, masih kata Edison, pelantikan mutasi pejabat esselon II itu dilakukan diawal 2017 mendatang. “Penerapan itukan butuh peraturan bupati (perbup), perbup itu sebagai tindak lanjut dari perda.

Perda juga sampai sekarang belum diundangkan. Kalau sudah selesai semua, maka bisa sesegera mungkin dilaksanakan pelantikan. Bisa jadi diawal 2017 baru bisa dilaksanakan pelantikan,” tutur Edison.

Lebih jauh, ia menjelaskan, sistem lelang jabatan untuk pejabat esselon II yang merupakan aturan baru yang diterbitkan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) lebih efektif ketimbang yang sebelumnya. Baik manfaat untuk pejabatnya sendiri, maupun untuk Kepala Daerah.

“Pejabat esselon II tidak perlu takut-takut lagi kalau seketika diganti, karena ada aturan dan mekanisme yang jelas. Dan kepala daerah juga terbantukan, dalam penempatan pejabat, tidak perlu pusing harus ditempatkan dimana, sudah ada rekomendasi dari KASN berdasarkan hasil tes, lebih tepatnya pejabat itu duduk dijabatan mana,” terang dia.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun Palembang Ekspres dari salah satu pejabat di Pemkab Empat Lawang yang minta namanya dirahasiakan menyebutkan, pejabat esselon iI tidak perlu terlalu khawatir akan hasil lelang jabatan tahapan kedua ini.

Sebab, menurut dia hasil tes sepertinya tidak terlalu signifikan menyebabkan perubahan posisi pejabat yang ada saat ini.”Paling hanya 1 atau II orang yang dirotasi, tidak terlalu banyak. Dan ada SKPD yang berubah sesuai nomenklatur nanti, itu saja,” kata dia sembari memastikan agar namanya tetap untuk dirahasiakan.

TEKS : SAUKANI  | EDITOR : IMRON SUPRIYADI 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *