TKI Dari Empat Lawang Didominasi PRT dan Pekerja Pabrik

EMPAT LAWANG | KSOL — Tenaga kerja indonesia (TKI) asal Kabupaten Empat Lawang saat ini berjumlah 28 orang. Kebanyakan TKI bekerja di Negara Malaysia dan Taiwan sebagai tenaga pabrik dan pembantu rumah tangga (PRT)

“Kebanyakan sebagai tenaga pabrik dan PRT dan semuanya resmi melalui PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia),” ujar Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Empat Lawang, Hasbullah melalui Kabid Tenaga Kerja, Azwar Subekti.

Dijelaskannya, Dinsosnakertrans Empat Lawang tidak mengirim para calon TKI ke negara tujuan. Pihaknya hanya merekomendasi pembuatan paspor para calon TKI, namun pihaknya juga harus tahu melalui perusahaan apa para TKI berangkat.

“Izin-izin mereka (TKI,red) juga kami periksa. Kalau misalnya janda, harus ada izin dari orang tua, kalau istri harus ada izin suaminya, diketahui kades,” jelasnya.

Ia mengimbau, bagi para calon TKI asal Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati untuk lebih hati-hati memilih perusahaan jasa TKI. Sebab saat ini banyak TKI berstatus ilegal sehingga kenyamanan bekerja di luar negeri terganggu.

TEKS : SAUKANI  |  EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *