Ini Cara Pelajar Bandung Tingkatkan Kecintaan terhadap Alquran

BANDUNG  I  KSOL  — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandung punya kiat meningkatkan kecintaan siswanya terhadap Alquran. Caranya, mengajak para pelajar ambil bagian dalam kegiatan menyalin Alquran.

Kegiatan menyalin Alquran secara serentak pada Jumat (7/10) pagi. Acara tersebut, diikuti oleh 1.250 siswa mulai dari kelas 1 hingga kelas 3. Kegiatan ini, digelar  dalam rangka Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam yang jatuh pada hari Ahad (2/10/2016).

Kegiatan dimulai pada pukul 06.30 WIB. Ribuan siswa tersebut, telah berkumpul di lapangan area sekolah. Kegiatan tersebut pun diawal dengan melakukan salat Dhuha secara berjamaah. Usai itu setiap siswa dibagikan satu lembar kertas untuk menulis ulang Alquran.

Pembagian tugas tersebut dilakukan per kelas. Yakni, setiap kelas menulis ulang juz yang berbeda. Sambil duduk di lantai, mereka begitu asik mengikuti kegiatan tersebut dengan menggunakan pensil dan bolpoint.

Menurut Kepala Sekolah MAN 2 Bandung Asep Cucu, kegiatan tersebut digelar sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al quran. Terlebih MAN 2 Bandung dikenal sebagai sekolah yang memiliki keunggulan dalam Tahfidz Al-Quran.

“Selain membaca, kami juga ingin mengasah kemampuan anak-anak melalui tulisan,” ujar Cucu kepada wartawan, Jumat (7/10/2016).

Cucu mengatakan, kegiatan menyalin Alquran secara manual tersebut akan dikumpulkan dan dilakukan proses editing oleh panitia sebelum masuk ke dapur percetakan. “Panitia tim dari Tahfidz Club MAN 2 akan melakukan proses editing lalu nanti dicetak dan di simpan di laboratorium sekolah,” katanya.

Cucu pun yakin, aksi tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan di Bandung bahkan Indonesia. Karena, sejauh ini belum pernah melihat atau mendengar kegiatan serupa di sekolah lain.

Cucu berharap, dengan adanya aksi tersebut dapat menumbuhkan rasa kecintaan terhadap Al-Quran dan kerap rajin membaca dalam setiap ayat-ayat suci tersebut. “Ini untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Quran,” katanya.

TEKS/ILUSTRASI : REPUBLIKA.CO.ID




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *