Anak Anda Tak Menyukai Buku? Coba dulu Cara ini

Buku merupakan salah satu sumber ilmu dengan banyak manfaat. Pastinya, ini enggak akan ada resiko terkena radiasi seperti layar gadget. Saat ini anak-anak lebih suka berlama-lama di depan layar gadget mereka. Hal itu dapat berdampak buruk.

Lalu gimana caranya membuat anak lebih mrnyukai buku ketimbang gadget mereka?

1. Lakukan seperti yang guru sarankan bahkan jauh sebelum anda bertemu mereka

Kenalkan anak dengan buku dan membaca sebelum mereka masuk sekolah dasar. Tidak ada kata terlalu dini untuk hal satu ini. anda bisa melakukan beberapa ritual ini, yang kerap kali akan anda temui saat konferensi orang tua dan guru:

– Membaca buku 5-7 hari per minggu

– Ajak asangan anda untuk membaca bersama, agar anak dapat melihat perspektif baru.

– Membaca dengan suara yang aneh atau unik.

– Membaca bukulah ketika ada anak di sekitar anda. Biarkan anak anda tahu anada membaca buku. Anda akan menjadi contoh yang baik.

– Kunjungi perpustakaan secara reguler dan biarkan anak memilih buku yang mereka inginkan.

2. Jangan bosan

Ketika anak minta dibacakan buku yang sama berulang-ulang, jangan pernah marah atau kesal. Memarahinya hanya akan membuat ketertarikannya pada buku berkurang. Jadi jangan pernah bosan, ya.

3. Sesekali bacakan juga apa yang ingin orangtua baca

Dalam sekali seminggu coba letakkan buku yang sudah diminta oleh anak untuk dibacakan ribuan kali. Ayah Ibu juga bisa memilihkan mereka buku yang ingin dibacakan.

4. Buat aktivitas dari elemen yang ada di buku

Ketika membacakan sebuah cerita anak, kenapa enggak mencoba untuk memintanya melakukan beberapa hal yang terkait dengan cerita? Seperti gerakan yang sama dengan karakter di buku, memerankan peran, atau menebak cetita di halaman selanjutnya. Hal-hal semacam itu akan menambah rasa keterikatan anak.

Tapi, utamanya agar anak anda lebih menyukai buku ketimbang layar gadget mereka maka anda harus memastikan anak anda lebih sering melihat buku dibanding gadegt mereka. Dan bacakanlah cerita dengan cara yang unik.

TEKS/FOTO : CNN INDONESIA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *