Kecamatan Lawang Kidul dan PTBA, Antisipasi Ancaman Kebakaran Hutan dan Kabut Asap

TANJUNG ENIM | KSOL – Guna menanggulangi ancaman kabut asap dan kebakaran lahan, Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan (Sumsel) mengelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan, di Aula Kecamatan Lawang Kidul, Rabu (5/10/16). Event ini bekerjasama dengan Rescue PT Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim.

Kegiatan ini Camat Lawang Kidul, Drs Rahmat Noviar, MM mengatakan terkait adanya surat Gubernur Sumsel dan bupati dalam penanggulangan ancaman bencana kabut asap dan kebakatan lahan. “Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pengetahuan dalam mengatasi kebakaran dan dan mengurangi kabut asap,” ujarnya.

Camat Lawang Kidul Drs Rachmat Noviar saat memasangkan tanda peserta pelatihan (FOTO.DOK.KSOL/ALDO)

Camat Lawang Kidul Drs Rachmat Noviar saat memasangkan tanda peserta pelatihan (FOTO.DOK.KSOL/ALDO)

Rahmat juga mengharapkan, melalui  pelatihan ini pemerintahan desa/kelurahan bisa melakukan penanganan di lapangan.

Dikatakan, adanya pelatihan ini untuk mengaktifkan posko-posko kebakaran hutan. Oleh sebab itu, pihaknya memberikan satuan posko desa/kelurahan. Untuk itu, menurut Rahmat kegiatan ini sangat penting, agar dapat diikuti dengan sangat baik, karena minimal masyarakat bisa ikut menangulangi ancaman ini.

Menurut Rahmat, melalui kegiatan ini diharapakan nantinya akan ada tindakkan nyata di lapangan jika terjadi terjadi bencana kebakaran. Dengan begitu ilmu yang telah diberikan menurut Rahmat, dapat dimanfaatkan dan bisa ditularkan atau disosialisasikan ke masyarakat lainnya.

“Saya berharap pada peserta dapat mengikuti pelatihan ini dapat melakukan pemadaman api yang mungkin terjadi,” imbuhnya.

Tampak Camat Lawang Kidul Drs Rachmat Noviar MM saat ikut memperagakan cara pemadaman api menggunakan APAR di halaman kantor Camat, Rabu (4/10/16). (FOTO.DOK.KSOL/ALDO)

Tampak Camat Lawang Kidul Drs Rachmat Noviar MM saat ikut memperagakan cara pemadaman api menggunakan APAR di halaman kantor Camat, Rabu (4/10/16). (FOTO.DOK.KSOL/ALDO)

Sementara itu, Kapolres Muara Enim, AKBP Hendra Gunawan, S.IK, M.Si melalui Kabag Oprs Polres Muara Enim Kompol Zulkarnain mengatakan, atas nama Kapolres ia turut mengapresiasi atas kegiatan ini. Dimana, ini bukti masyarakat mencerminkan kemauan untuk ikut serta dan mendukung menanggulangi kebakaran dan pembakaran lahan.

“Jika adanya asap, terutama dalam event Asian Games yang rencananya dilaksanakan di Palembang, tentu kita akan rugi sendiri jika kita tidak tanggap dalam menanggapi kebakaran hutan yang akan menimbulkan kabut asap ini,” jelas Zulkarnain.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM  | EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *