HORMON WANITA DAN PENYAKIT HORMONONAL

Hormon adalah bahan kimia seperti protein kompleks atau steroid yang dihasilkan oleh berbagai macam kelenjar jaringan di dalam tubuh. Hormon berfungsi sebagai pembawa pesan kimia dan memberikan arah kepada sel-sel tubuh. Sebagai contoh misalnya hormon tiroid. Hormon tiroid  berfungsi mempercepat dan memperlambat metabolisme tubuh, sementara hormon estrogen membuat jaringan payudara bertumbuh.

Di sini kita hanya membahas secara khusus tentang hormon khusus kewanitaan.  Organ utama penghasil hormon kewanitaan adalah  ovarium. Keseimbangan produksi hormon di ovarium diatur oleh organ hati.  Agar produksi hormon kewanitaan seimbang sehingga tidak menimbulkan berbagai bentuk penyakit maka kesehatan ovarium dan kesehatan hati perlu dijaga.

Lebah madu Sumbawa

PENGARUH STRESS TERHADAP HORMON

Stress sebagai salah satu faktor psikologis wanita dapat menggangu keseimbangan produksi hormon disamping faktor-faktor lain seperti makanan dan minuman, pola hidup, lingkungan, obat-obatan, dll.. Stress kronis biasanya diikuti oleh aktivitas andrenalin dan/atau kortisol yang lebih tinggi. Kortisol menghambat produksi progesteron oleh ovarium. Jika menderita kekurangan progesteron, kelebihan kortisol akan membuat kerusakan lebih banyak dibandingkan dengan jika anda mempunyai cukup progesteron.  Progesteron yang cukup melindungi kelebihan kortisol karena progesteron berada di atas reseptor kortisol dan oleh karenanya melindungi pengaruh negatif dari kelebihan kortisol.

Stress datang dari berbagai sumber, termasuk trauma dan peradangan. Penyakit radang saluran pencernaan misalnya, dapat memicu tingginya level kortisol yang dapat mengurangi produksi progesteron dan menyebabkan kelebihan estrogen.


GEJALA GANGGUAN HORMONAL

Berikut ini Robert Lee, M.D.  memberikan beberapa contoh gangguan kesehatan pada wanita yang berhubungan dengan hormon-hormon tertentu.

Kekurangan Progesterone

Ini merupakan bentuk ketidakseimbangan hormon yang paling banyak terjadi pada wanita dalam segala umur.  Anda perlu merubah makanan, dan hentikan penggunaan hormon sintetis seperti pil KB.  Gejala-gejala dapat berupa:

  1. Menderita PMS (Post Menstrual Syndrome) atau sindrom menjelang datang haid.
  2. Insomnia atau gangguan tidur malam.
  3. Sering mengalami keguguran.
  4. Payudara sakit dan/atau terdapat benjolan pada payudara.
  5. Penambahan berat badan.
  6. Sakit kepala secara berkala.
  7. Cemas
  8. Infertilitas
  9. Kekurangan estrogen

Kekurangan Estrogen

Ketidakseimbangan hormon ini paling umum terjadi pada wanita menopause, khususnya jika anda berbadan ceking atau kecil. Anda perlu melakukan perubahan-perubahan khusus dalam hal makanan dan minuman, dan menggunakan ramuan khsusus untuk wanita menopause. Gejala-gejala dapat berupa:

  1. Vagina kering
  2. Berkeringat malam
  3. Sakit ketika berhubungan seks
  4. Masalah dengan memori
  5. Infeksi kantung kemih
  6. Infeksi saluran kencing
  7. Depresi
  8. Sering ayeng-ayengan dan keluar keringat dingin

Kelebihan Estrogen

Ketidakseimbangan hormon ini paling mudah diatasi yaitu dengan menghentikan penggunaan hormon-hormon sintetis yang diresepkan oleh para dokter bagi wanita menopause.  Gejala-gejalanya dapat berupa:

  1. Badan bengkak
  2. Gemuk air
  3. Displasia serviks (hasil pap smear abnormal)
  4. Cepat pertambahan berat badan
  5. Payudara tegang
  6. Perasaan bergoyang-goyang
  7. Perdarahan berat lewat vagina
  8. Depresi cemas
  9. Migren sakit kepala
  10. Susah tidur malam
  11. Berpikir tidak jelas
  12. Wajah kemerah-merahan
  13. Masalah dengan kantung empedu
  14. Cengeng.

Dominasi estrogen

Ini terjadi ketika anda tidak mempunyai cukup progesteron untuk mengimbangi pengaruh estrogen.  Banyak wanita yang berusia 40 dan 50 tahun menderita dominasi estrogen. Gejala-gejalanya dapat berupa:

  1. Menderita PMS (Post Menstrual Syndrome) atau sindrom menjelang datang haid
  2. Insomnia atau gangguan tidur malam
  3. Sering mengalami keguguran
  4. Payudara sakit dan/atau terdapat benjolan pada payudara
  5. Penambahan berat badan
  6. Sakit kepala secara berkala
  7. Cemas
  8. Infertilitas
  9. Badan bengkak dan gemuk air
  10. Displasia serviks (hasil pap smear abnormal)
  11. Cepat pertambahan berat badan
  12. Payudara tegang
  13. Perasaan bergoyang-goyang
  14. Perdarahan berat lewat vagina
  15. Depressi cemas
  16. Migren sakit kepala
  17. Susah tidur malam
  18. Berpikir tidak jelas
  19. Wajah kemerah-merahan
  20. Masalah dengan kantung empedu
  21. Cengeng.

Kelebihan Androgen (hormon laki-laki)

Ini sebagian besar disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi gula dari berbagai bentuk gula (gula pasir yang paling aman), dan karbohidrat sederhana (bukan nasi), dan dapat diperbaiki dengan perubahan sederhana  dalam hal makanan. Gejala-gejalanya dapat berupa:

  1. Berjerawat
  2. Sindrom polikista ovarium (PCOS)
  3. Tumbuh rambut di wajah dan di lengan
  4. Hipoglikemia (gula darah rendah) dan/atau gula darah tidak stabil
  5. Penipisan rambut kepala
  6. Infertilitas
  7. Kista ovarium
  8. Sering mengeluh sakit pada pertengahan siklus haid.

Kekurangan Kortisol

Ini disebabkan oleh kelenjar andrenal yang mengalami kelelahan yang biasanya disebabkan oleh stress kronis dan penggunaan obat-obatan penghilang rasa sakit. Gejala-gejalanya dapat berupa:

  1. Lemah kurang tenaga
  2. Gula darah tidak stabil
  3. Pikiran tidak karuan
  4. Tekanan darah rendah
  5. Kurus dan/atau kulit kering
  6. Cepat lelah kalau berolah raga
  7. Detakan jantung lemah
  8. Muncul bintik-bintik coklat di wajah.

SOLUSI  MEDIK DAN SOLUSI ORGANIK NATUROPATI 

Kelainan hormon kewanitaan secara medik biasanya ditangani oleh dokter medik dengan menggunakan terapi penggantian hormon, obat-obatan, maupun dengan cara-cara lain yang dapat dilakukan oleh dokter medik, dokter naturopati, dokter oriental, dokter ayurveda, atau dokter chirpractic. Bentuk penanganan oleh dokter berbeda-beda dan akan tergantung kepada berbagai pertimbangan seperti  apakah ovarium masih ada atau sudah diangkat, apakah rahim masih ada atau sudah diangkat, dll..

Disamping itu penanganan juga dapat dilakukan secara organik naturopati dengan menggunakan berbagai pendekatan terpadu.  Penanganan organik naturopati bersama RASS Organik terfokus pada perbaikan organ tubuh yang bertanggung jawab terhadap keseimbangan produksi hormon tersebut baik untuk wanita yang masih haid mau pun bagi wanita menopause sehingga organ-organ dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Organ-organ tersebut adalah:

  1. Ovarium
  2. Peningkatan kwalitas kardiovaskular dan cerebrovaskular
  3. Hati
  4. Saluran pencernaan
  5. Kelenjar andrenal
  6. Organ ginjal

Untuk mencapai tujuan tersebut, kami menggunakan pendekatan-pendekatan ilmiah berbasil ilmu pengetahuan tentang psikologi kesehatan,  nutrisi dan keamanan pangan, pola hidup, dan farmakologi tumbuh-tumbuhan. Terapi akan diberikan secara terpadu dalam bentuk :

  1. Terapi Psikologi
  2. Makanan Sehat
  3. Pola Hidup
  4. Makanan Sehat dan Menyehatkan
  5. Ramuan murni organik dalam simplisia untuk direbus dan diminum sesuai petunjuk

HERBAL GODOKAN NAGAVIT

Ramuan herbal NagaVit Exclusif Hormon Sehat merupakan ramuan yang harus direbus atau digodok sendiri dan air rebusannya diminum sesuai petunjuk. Formula dan dosis ramuan disusun berdasarkan perhitungan yang teliti sesuai kondisi penyakitnya (komplikasi penyakit dan keadaan penyakit) berdasarkan hasil yang didapatkan dari hasil analisa rekam medik.

Herbal NagaVit aman tanpa effek samping karena dibuat juga untuk memperbaiki ginjal, hati, dan lambung guna mempercepat proses pemulihan, telah mendapat Sertifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga dari lembaga berwenang dengan nomor P-IRT Depkes: 5135204010142-21, dibuat dari ratusan pilihan tanaman obat unggulan Sumbawa, dan tidak dirubah bentuknya dalam bentuk kapsul obat herbal, bubukan atau jamu seduh, atau jamu cairan dalam kemasan yang mengandung bahan pengawet sehingga Herbal NagaVit tetap dapat mempertahankan sifat organik alaminya dari penanaman, produksi sampai masuk ke dalam tubuh.

Bahan-bahan ramuan merupakan bahan-bahan terpilih dari tanaman-tanaman obat organik asli Indonesia yang telah diteliti secara farmakologi di tingkat nasional maupun internasional sehingga senyawa-senyawa biokimia yang bersifat obat yang dapat memulihkan kesehatan hormon perempuan melalui perbaikan kesehatan ovarium dan organ hati.

TEKS/FOTO : SEHATNATUROPATI.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *