Anggota DPR Asal Dapil Sumsel, Kritisi 3 Konsorsium TKI, Irma : Harus Dihadirkan ke DPR

Irma Suryani Chaniago

Irma Suryani Chaniago

JAKARTA | KSOL – Anggota Komisi IX dari Fraksi NasDem Irma Suryani Chaniago mempertanyakan keterlibatan Kepala BNP2TKI dalam proses pengelolaan dana konsorsium asuransi TKI. Hal tersebut disampaikan Irma saat rapat kerja dengan Ketua BNP2TKI Nusron Wahid, Senin (3/10/2016)

“Apakah BNP2TKI tahu dan dilibatkan bagaimana prosedur dan proses pengelolaannya? Karena sampai hari ini klaim konsorsium terus berulang dan belum diselesaikan,” ucapnya di ruang rapat Komisi IX DPR RI, Senin (3/10).

Lebih lanjut anggota DPR RI asal DAPIL Sumsel ini menjelaskan, asuransi untuk konsorsium mitra TKI dari 931 klaim yang ada, 817 memang telah diselesaikan. Sementara untuk Jasindo, dari total 1.328 TKI, baru 216 yang terselesaikan. Begitu juga dengan Askindo, dari 84 TKI yang menyampaikan klaimnya, baru 30 klaim yang terselesaikan.

Jika ditotal, ada 1.117 orang klaim asuransi yang selesai. Sementara jumlah klaim total adalah 9.214. “Artinya, yang diselesaikan oleh tiga konsorsium ini baru sekitar 13,79 persen. Saya pernah sampaikan sebelumnya kondisi ini terus menerus berulang dari tahun ke tahun,” katanya.

Menurut Irma, berulanganya kejadian ini akibat banyaknya TKI yang dianggap oleh asuransi tidak mampu melengkapi dokumen-dokumen pendukung. Sementara itu sosialisasi terhadap prosedur penyampaian klaim oleh BNP2TKI tidak disampaikan kepada TKI.

“Nah saya tanya dalam hal ini, sudah sejauh mana BNP2TKI berkoordinasi dengan Naker. Bicara dengan asuransi terkait rendahnya klaim yang bisa diselesaikan oleh asuransi,”

Oleh karena itu Irma meminta, agar 3 konsorsium ini dipanggil ke Komisi IX untuk dimintai kejelasannya. Hal ini penting mengingat uang yang dibayarkan TKI dan dikelola konsorsium itu cukup besar.

TEKS/FOTO : REL | EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *